Gelar Raker, Ansor Krembung Sidoarjo Bertekad Kian Terdidik dan Mandiri

  • 18 Jan 2020
Gelar Raker, Ansor Krembung Sidoarjo Bertekad Kian Terdidik dan Mandiri
Peserta rapat kerja PAC GP Ansor Krembung, Sidoarjo di Pacet, Mojokerto. (Foto: NOJ/Sutrisno)

Mojokerto, NU Online Jatim
Gambaran besar Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Krembung, Sidoarjo dibicarakan serius selama dua hari dalam kegiatan rapat kerja atau Raker. Hal tersebut sesuai dengan tema yang digelar yakni Revitalisasi Gerakan Organisasi menuju Ansor yang Terdidik, Mandiri dan Berdaya. Acara berlangsung di Villa Joglo, Pacet Mojokerto sejak Sabtu hingga Ahad (18-19/1).

 

Penegasan tersebut disampaikan Ketua PAC GP Ansor Krembung, Fahrizal Muafi pada acara yang diikuti 70 lebih peserta dari PAC dan Ranting. Bahkan 2 Pengurus Cabang (PC) Ansor Sidoarjo yakni Iwan Sugianto dan Choirul Anam serta beberapa tokoh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Krembung di antaranya, H Sujak dan Ustadz Imam Sugiantoro 

 

Iwan Sugianto perwakilan dari PC GP Ansor Sidoarjo mengingatkan bahwa semua pengurus di masing tingkatan akan berpengaruh di tingkat selanjutnya. 

 

"Pimpinan Wilayah  akan jalan jika PC aktif, PC akan berjalan jika PAC ini aktif, begitu juga PAC akan berjalan jika Pimpinan Ranting aktif," katanya.

 

Dalam pandangannya, masa jabatan periode Ansor singkat hanya 2 tahun, maka Wakil Ketua PC Ansor Sidoarjo tersebut berharap agar program kerja harus dimaksimalkan dengan efektif dan sebaik mungkin termasuk optomalisasi kepengurusan di tingkat pimpinan ranting atau rantingisasi.

 

"Yang kedua, terkait rekrutmen Banser ini harus diperbesar, sebab jika Bansernya banyak maka massa Ansor akan terlihat besar," ungkapnya.

 

Mantan Ketua PAC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Krembung tersebut meminta perkuat kekompakan pengurus dan  rantingisasi ke depan agar Ansor Krembung semakin solid,” pintanya.

 

Choirul Anam selaku Ketua PC Rijalul Ansor Ansor Sidoarjo membuka RakerAncab Ansor Krembung. 

 

Dalam sambutannya, mantan Ketua PAC Ansor Krembung masa khidmah 2008-2014 tersebut berpesan bahwa inti dari Raker adalah grand design oleh ketua sebagai mandataris dari PC Ansor melalui konferensi yang sudah dilalui. 

 

"Harus ada program yang berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga Raker tidak hanya seremonial. Dan selamat beraker, berjuang dan berkhidmah di gerbong NU, semoga membawa manfaat dan barakah,” katanya.

 

Acara dilanjutkan dengan sidang pleno untuk penyampaian program dari masng-masing bidang antara lain bidang pengembangan organisasi dan kaderisasi, bidang dakwah dan agama yakni Rijalul Ansor, kebanseran, penelitian dan pengembangan, informasi dan komunikasi, serta ekonomi dan kewirausahaan.

 

 

Segera Luncurkan Portal

Sekretaris PAC GP Ansor Krembung kepada NU Online Jatim menyampaikan bahwa salah satu program jangka pendek di bidang informasi dan komunikasi (infokom) adalah meluncurkan website atau portal PAC GP Ansor Krembung untuk menguatkan jaringan media sosial untuk bersyiar dan menyebarkan kegiatan organisasi. 

 

"Karena saat ini adalah era digital di zaman milenial, kader Ansor harus melek teknologi dan informasi serta sadar media untuk berjuang mengibarkan bendera Ansor Krembung di mata dunia,” kata Mohammad Miftahul Huda. 

 

Karena itu Ansor harus punya portal, instagram, facebook, dan tweeter untuk meliput semua kegiatan organisasi demi menangkal berita radikal, hoaks, dan lainnya. 

 

“Insyaallah 3 bulan ke depan Infokom juga akan menyelenggarakan pelatihan cyber media dan jurnalistik digital,"  tambahnya.

 

Uniknya, pada malam hari para mantan Ketua PAC Ansor Krembung dari periode sebelumnya juga turut hadir, di antaranya H Maksun (2001-2002), H Samsul Bahri (2002-2007),  M Rusdiyanto (2014-2017), Ahmad Wahyudi (2017-2019) bersama Bendahara Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) HM Burhanuddin Mulyono. 

 

Kontributor: Sutrisno
Editor: Syaifullah