Tingkatkan Daya Saing, OSIS se-Bangkalan Adakan Lomba dan Seminar

  • 7 Feb 2020
Tingkatkan Daya Saing, OSIS se-Bangkalan Adakan Lomba dan Seminar
Kegiatan digelar OSIS Movement Community di aula Yayasan Darut Tauhid, Katol Barat, Geger, Bangkalan. (Foto: NOJ/Zainul Ulum)

Bangkalan, NU Online Jatim
Inilah salah satu acara yang dilakukan sejumlah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) se-Kabupaten Bangkalan yang tergabung dalam OMC (OSIS Movement Community). Mereka menggelar acara yang diisi dengan lomba puisi tingkat SMP/MTS, SMA/MA SMK dan yang sederajat.

 

Tidak berhenti sampai di situ, juga ada seminar pendidikan yang bertemakan ‘Meningkatkan Daya Saing Pendidikan Berbasis Digital’ dan dipusatkan di aula Yayasan Darut Tauhid, Katol Barat, Geger, Bangkalan, Rabu (5/2).

 

Moh Hakim selaku ketua pelaksana mengemukakan bahwa keberadaan acara untuk kian memperkokoh persaudaraan antara OSIS yang ada di kawasan Bangkalan.

 

“Lomba ini diadakan untuk mempererat tali persaudaraan antara OSIS se- Kabupaten Bangkalan,” katanya saat sambutan.

 

Dalam pandangannya,  acara juga untuk mengenalkan OMC di kalangan OSIS  khususnya yang belum tersentuh oleh organisasi ini. Pada saat yang sama, sudah banyak OSIS yang telah berpartisipasi dan mengsukseskan acara. 

 

Nurul Hidayah selaku Ketua Umum OMC menjelaskan bahwa organisasi sebagai persatuan OSIS yang ada di Bangkalan.

 

“Misi saya untuk menyelaraskan semua OSIS yang ada di Bangkalan baik dari sekolah negeri ataupun swasta agar tidak ada timpang tindih antar OSIS. Juga untuk menjalin persaudaraan yang harmonis dan dinamis agar bisa berjalan bersama dan saling merangkul,” katanya. Ini adalah acara yang kedua yang diselenggarakan OMC, lanjutnya.

 

Sedangkan Abd Aziz selaku Ketua GSP-M atau Gerakan Sadar Pendidikan Madura wilayah Bangkalan mengungkapkan bahwa organisasi tersebut adalah komunitas mahasiswa yang  ranah pergerakannya di bidang pendidikan.

 

“Yang mana GSP-M mempunyai program rutin setiap bulannya yaitu Turlap atau turun lapangan ke lembaga sekolah yang ada di pelosok desa yang ada di Bangkalan,” katanya.

 

Menurutnya, ketika GSP-M melakukan turlap ke sekolah, maka saat itu meminta kontak person dari OSIS yang ada di sekolahan tersebut untuk dibuatkan grup.

 

“Lalu kita bentuk organisasi yang bernama OSIS Movement Community atau OMC yang mana ketua pertama adalah Nurul Hidayah atas kesepakatan dalam musyawarah besar atau Mubes yang diselenggarakan di Tanah Merah Bangkalan dan dihadiri perwakilan OSIS di Bangkalan,” ungkapnya.

 

OMC berada di bawah naungan GSP-M dan merupakan organisasi yang baru muncul di Bangkalan yaitu sekitar 7 bulan lalu. Organisasi dipimpin Nurul Hidayah dari Blega.
Sedangkan keanggotaan dalam organisasi ini adalah seluruh OSIS yang ada di Bangkalan.

 

OMC merupakan cabang atau badan otonom dari GSP-M itu sendiri, yang mana gerakannya itu berada di tingkat pendidikan yang ada di seluruh Bangkalan.

 

Kontributor:  Zainul Ulum
Editor: Syaifullah