Kaderisasi IPNU-IPPNU di Sekolah Lahirkan Penerus Jamiyah

  • 9 Feb 2020
Kaderisasi IPNU-IPPNU di Sekolah Lahirkan Penerus Jamiyah
Peserta mendapatkan sejumlah materi pada Makesta yang digelar IPNU-IPPNU SMKNU 2 Sooko, Glagah, Lamongan. (Foto: NOJ/Syaiful Alfuat)

Mojokerto, NU Online Jatim
Pengkaderan di lingkungan NU sejak masa sekolah sangat penting dilakukan untuk memunculkan kader berkualitas, memiliki loyalitas, berguna bagi jamiyah dan masyarakat. 

 

Hal ini yang dilakukan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) SMKNU 2 Soko, Glagah Lamongan. 

 

Mereka  bekerja sama dengan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Glagah Lamongan menyelenggarakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) 1 yang diadakan di Villa Claket, Pacet Mojokerto Jumat hingga Ahad (7-9/2).

 

Selama kegiatan yang mengambil tema ‘Mewujudkan Pelajar NU yang Memiliki Semangat Berdedikasi dan Berkarakter Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah’ tersebut, peserta mendapatkan sejumlah materi. Di antaranya Aswaja, NU, organisasi, IPNU-IPPNU, dan kepemimpinan.  

 

Ketua PK IPNU SMKNU 2 Soko Glagah, Rais Handika berharap agar setelah diadakanya Makesta, peserta memiliki karakter kuat dan berdedikasi tinggi. Terutama dalam mengembangkan semangat perjuangan NU di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat tempat mereka tinggal. 

 

Saat menyampaikan materi, Haris Silo Seco Dwiryo menyampaikan pentingnya dalam menjaga dan menananmkan nilai Ahlussunnah wal Jama'ah atau Aswaja sejak dini. 

 

“Aswaja merupakan golongan yang mengikuti ajaran Islam seperti yang diamalkan Rasul dan sahabatnya. Perlu diketahui juga bahwa NU tidak hanya berisi Aswaja, juga bagaimana bermasyarakat dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air,” ungkap Kepala SMKNU 2 Soko Glagah, Lamongan tersebut. 

 

Dirinya juga berharap, semua peserta mempunyai motivasi  yang tinggi untuk berkhidmat di NU, terlebih di IPNU IPPNU.

 

“Bisa ngurip-nguripi NU sejak usia pelajar sehingga ketika tumbuh dewasa dapat bermasyarakat dengan baik di lingkungan sekitar,” ungkapnya.

 

Ketua PAC IPPNU Glagah, Ratih Rahmawati menginginkan dengan adanya Makesta, menjadikan peserta sebagai pelajar yang memiliki intelektual, lebih disiplin, serta mengenal organisasi. 

 

“Terlebih organisasi IPNU-IPPNU, sehingga ke depannya mampu dalam mengurangi kenakalan remaja di Kecamatan Glagah Lamongan,” harapnya.

 

Setelah suksesnya kegiatan ini, PAC IPNU IPPNU Glagah memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada sekolah. 

 

PK SMKNU 2 Soko Glagah Lamongan akan menjadi percontohan bagi sekolah lain di Glagah bagi dibentuknya PK IPNU-IPPNU sebagai organisasi resmi.

 

Kontributor: Syaiful Alfuat
Editor: Syaifullah