• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Matraman

‘Ujian Hidup’, Film Karya Santri Tebu Ireng Tayang Selama Ramadlan

‘Ujian Hidup’, Film Karya Santri Tebu Ireng Tayang Selama Ramadlan
Poster film karya santri Tebu Ireng berjudul 'Ujian Hidup'. (Foto: NOJ/nu.or.id)
Poster film karya santri Tebu Ireng berjudul 'Ujian Hidup'. (Foto: NOJ/nu.or.id)

Jombang, NU Online Jatim

Rumah Produksi Tebu Ireng bakal menayangkan film berseri berjudul ‘Ujian Hidup’ selama bulan Ramadlan tahun ini. Film karya santri-santri Tebu Ireng itu akan ditayangkan dengan format web series dan bisa ditonton melalui chanel YouTube resmi Rumah Produksi Tebu Ireng.

 

Film tersebut dibuat dalam rangka meramaikan dunia perfilman dengan konten-konten keislaman, khususnya pada bulan Ramadlan. Film itu lahir dari inisiatif untuk memberikan tayangan bulan Ramadlan yang lebih menghibur kepada masyarakat.

 

"Film ini juga ingin menunjukkan bahwa santri tidak hanya pandai mengaji dan membaca kitab kuning, namun juga mampu mengikuti perkembangan zaman," kata Sutradara Film 'Ujian Hidup', Shidqi Mudzakir, dikutip dari NU Online, Kamis (01/04/2021). 

 

Ia menjelaskan, film 'Ujian Hidup' menceritakan tentang tiga santri bernama Jamal, Basyar, dan Ghoni yang sedang berada pada masa-masa menjelang ujian pondok.  

 

"Mereka adalah Jamal yang memiliki problem intelektual, Basyar yang tidak bisa membayar ujian, dan Ghoni yang merupakan santri pintar dan cerdas. Pada masa-masa menjelang ujian pondok itu, mereka menghadapi beberapa ujian hidup," terang Shidqi.   

 

Menariknya, seluruh aktor dan kerabat kerja yang terlibat dalam web series bergenre komedi religi ini adalah santri Tebu Ireng. Termasuk yang menyutradarai film tersebut juga seorang santri Tebu Ireng. Shidqi berharap penonton bisa mengambil hikmah dari film tersebut, dan pesantren lain bisa mengikutinya.   

 

"Kami berharap, penonton bisa mengambil pelajaran dari film ini karena kami menuangkan pesan baik langsung maupun tidak langsung. Selain itu, agar masyarakat bisa terhibur di bulan Ramadan tidak dengan tayangan yang negatif. Dibuatnya film ini ada harapan agar pesantren lain ikut terpacu untuk membuat konten serupa bahkan lebih menarik, agar ilmu agama semakin tersebar," ujar Shidqi. 

 

Alumni Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebu Ireng itu mengajak seluruh santri dan masyarakat untuk menonton film tersebut selama bulan Ramadlan.   

 

"Kami berpesan kepada para santri dan masyarakat seluruh Indonesia untuk menonton web series 'Ujian Hidup' yang tayang perdana pada 1 Ramadhan 1442 H atau 13 April 2021 M. Kami juga mengharap review atau ulasan dari berbagai pihak agar karya selanjutnya semakin berkualitas, " ujar Shidqi.

 

Untuk diketahui, Rumah Produksi Tebu Ireng adalah sebuah wadah untuk mengembangkan bakat para santri di bidang perfilman. Sebelum ‘Ujian Hidup, rumah produksi itu sudah menelurkan sejumlah film, di antaranya, ‘Jejak Langkah Dua Ulama’, ‘Binar’, ‘Sakinah’, dan lainnya.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru