• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

33 Pesantren Se-Pasuruan Raya Ikuti Lomba Panahan Santri 2020

33 Pesantren Se-Pasuruan Raya Ikuti Lomba Panahan Santri 2020
Para pemengan Lomba Panahan Santri 2020. (Foto: NOJ/Syaifullah)
Para pemengan Lomba Panahan Santri 2020. (Foto: NOJ/Syaifullah)

Pasuruan, NU Online Jatim
Dalam rangka memperingati Hari Santri 2020 yang masih dalam situasi pandemi Covid-19, Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menggelar Lomba Panahan Santri 2020 pada Rabu (21/10/2020). Lomba ini sukses di gelar di Lapangan Pondok pesantren Al Yasini Kabupaten Pasuruan.

 

Lomba ini bekerja sama dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pasuruan. Tercatat, 33 Pondok Pesantren se-cabang NU Pasuruan Raya yang berpartisipasi.

 

Menurut Ketua Panitia Mas'ud Syarif, lomba ini sukses digelar karena peran semua pihak yang bekerja dengan sangat baik.

 

"Kami mengucapkan terima kasih, terutama kepada para pengasuh pondok pesantren yang proaktif dalam mengirimkan santri nya untuk dilatih oleh tim kami," ujar pria yang akrab di panggil Cak Auk ini. 

 

Selanjutnya, KH. Badrus Salam Amiri selaku Ketua RMI PCNU Kabupaten Pasuruan berharap, bahwa acara panahan ini terus diadakan setiap tahunnya.

 

"Acara yang di ikuti oleh Pondok Pesantren se-Pasuruan Raya ini, kami harapkan setiap tahun di adakan agar dapat melatih ketangkasan para santri, karena panahan ini merupakan salah satu olah raga yang di anjurkan Rasulullah," terang Pria yang juga menjadi salah satu pengasuh Pondok Pesantren Besuk Kejayan tersebut.

 

Adapun perlombaan panahan ini dibagi menjadi dua kelompok umur, yakni umur 15 tahun dan umur 16 hingga 19 tahun. Pada kelompok umur 15 tahun di menangkan oleh Santri atas nama Syamsudin asal Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini Areng-Areng. Dan di kelompok umur 16 hingga 19 tahun di menangkan oleh Santri atas nama Lukman Hakim Firdaus asal Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah Kota Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru