Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

97 Persen Warga Trenggalek adalah Nahdliyin, Ini Strategi PCNU

97 Persen Warga Trenggalek adalah Nahdliyin, Ini Strategi PCNU
Turba PWNU Jatim di Aula Gedung PCNU Tulungagung, Sabtu (12/06/2021). (Foto: NOJ/MK)
Turba PWNU Jatim di Aula Gedung PCNU Tulungagung, Sabtu (12/06/2021). (Foto: NOJ/MK)

Tulungagung, NU Online Jatim

Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Trenggalek KH Moh Nashron mengatakan mayoritas warga di kabupaten tersebut adalah Nahdliyin. Untuk itu NU menyiapkan dan melaksanakan langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan Nahdliyin di kabupaten pesisir selatan Jatim itu.

 

Hal itu ia sampaikan di cara Turba PWNU Jatim di Aula Gedung PCNU Tulungagung, Sabtu (12/06/2021). Secara rinci ia menjelaskan, Kabupaten Trenggalek terdiri dari 399.443 jiwa dengan 97 persennya mengaku sebagai NU. 64.212 jiwa di antaranya sudah mendaftar Kartu Tanda NU atau KartaNU. Sisanya secara kultur hidup dengan cara NU.

 

"Dan (PCNU Trenggalek) memiliki kader Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) sebanyak 3.573 orang dengan 25 kali pelaksanaan PKPNU. Sementara untuk  MKNU (Madrasah Kader Nahdlatul Ulama) yang dilaksanakan dua kali telah menghasilkan lulusan sejumlah 398 jiwa," ujar Kiai Nashron.

 

Selain kader yang terus tumbuh, upaya pemberdayaan ekonomi secara optimal terus dilakukan. Salah satu di antaranya dengan mendirikan Nusantara Mart. Di Trenggalek sudah berdiri lima Nusantara Mart yang kini menjadi pusat belanja bagi warga NU.

 

"Selain berbelanja, warga NU juga bisa menitipkan dagangan mereka di Nusantara Mart. Jadi, nanti sistemnya bagi hasil. Dengan begitu, ekonomi masyarakat khususnya warga NU akan sedikit demi sedikit tidak terbebani dan semakin meningkat. Jika ekonomi meningkat, maka masyarakatnya akan sejahtera," tandas Kiai Nashron.

 

Gerakan ekonomi mandiri menjadi salah satu isu utama dalam kegiatan Turba PWNU Jatim di seluruh PCNU se Jawa Timur. Di setiap daerah yang disinggahi turba, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar selalu mengingatkan itu. Menurutnya, pemberdayaan ekonomi warga NU, terutama yang kategori kurang mampu, adalah bagian dari jihad.

 

Cita-cita berdirinya 100 Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) di Jawa Timur pun menjelang 1 abad NU digaungkan. Saat ini, semangat itu terus membara dengan telah berdirinya puluhan BMTNU di seluruh Jatim.

 

"Sekarang masih ada 30 (BMTNU di Jawa Timur). PCNU Bangil, nanti bentuk tiga BMTNU. PCNU kota (Pasuruan) tiga. PCNU kabupaten minimal sepuluh BMTNU," kata Kiai Marzuki saat turba di PCNU Pasuruan beberapa waktu lalu.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9