• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Madura

Ajak Siswa Teladani Rasulullah, MI At-Taufiqiyah Sumenep Peringati Maulid Nabi

Ajak Siswa Teladani Rasulullah, MI At-Taufiqiyah Sumenep Peringati Maulid Nabi
Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Aula MI At-Taufiqiyah Desa Aengbaja Raja, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Kamis (05/11/2020). (Foto: NOJ/ Habiburrahman).
Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Aula MI At-Taufiqiyah Desa Aengbaja Raja, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Kamis (05/11/2020). (Foto: NOJ/ Habiburrahman).

Sumenep, NU Online Jatim

Sebagai upaya menanamkan rasa cinta para siswa kepada Rasulullah sejak dini, pimpinan Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Taufiqiyah Desa Aengbaja Raja, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (05/11/2020). Adapun kegiatan yang diikuti Komite Madrasah, jajaran guru dan seluruh siswa-siswi di lingkungan Pondok Pesantren At-Taufiqiyah ini dilaksanakan di Aula Madrasah setempat.

 

Perayaan Maulid Nabi di lembaga sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren At-Taufiqiyah ini menghadirkan Ustadz Harun Adiyanto untuk menyampaikan tausiyah. Dalam tausiyahnya, Ustadz Harun menyampaikan, kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya sebatas perayaan. Namun perlu ada hikmah yang dapat dipetik.

 

"Yakni dengan meneladani hal-hal yang telah dilakukan dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW di masa lalu," ungkapnya.

 

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Bluto ini menambahkan, peringatan Maulid Nabi ini menjadi penting guna menanamkan karakter religius kepada peserta didik yang masih usia dini. "Selain itu, selaku umat Islam, kita tidak lupa akan nabi dan rasul,” tuturnya kepada para hadirin.

 

Sementara itu, Ustadz Helmi Fauzi menyampaikan, perayaan ini merupakan agenda rutin di MI At-Taufiqiyah. Dengan harapan, dapat menjadi media silaturrahmi antar guru dan siswa. "Serta dapat dijadikan pembelajaran bagi semua pihak, untuk senantiasa menanamkan kecintaannya kepada Rasulullah SAW," ungkapnya kepada NU Online seusai acara.

 


 

Kepala MI At-Taufiqiyah tersebut menambahkan, salah satu cara dalam  merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW ialah dengan bersama-sama membacakan shalawat. Serta senantiasa meneladani sunnah-sunnahnya.

 

"Semoga kedepannya, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di sekolah ini menjadi lebih baik lagi, serta dapat menambah beberapa kegiatan untuk siswa yang lebih bervariasi,” pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru