• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Pendidikan

Akhir Tahun, Unisma Raih Berbagai Penghargaan di Lingkungan Kampus NU

Akhir Tahun, Unisma Raih Berbagai Penghargaan di Lingkungan Kampus NU
Pemberian penghargaan kepada Unisma saat Rakornas PTNU. (Foto: NOJ/humas)
Pemberian penghargaan kepada Unisma saat Rakornas PTNU. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) dinobatkan meraih penghargaan pertama pada kategori perguruan tinggi terbaik di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) pada acara penghargaan kampus NU terbaik nasional tahun 2020. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Prof Mohammad Nasir, Ketua Umum Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

 

Rektor Universitas Islam Malang Prof Dr H Maskuri, M.Si, mengatakan bahwa penghargaan diterima di acara Rapat Koordinasi Nasional Perguruan Tinggi NU se-Indonesia yang dilakukan secara daring dan luring di Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekolongan Jawa Tengah.

 

"Kami mendapat peringkat pertama berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beberapa waktu lalu, yang dijadikan dasar oleh pengurus LPTNU PBNU," katanya, Kamis (24/12/2020).

 

Prof Maskuri menyatakan bahwa dirinya sangat bersyukur Unisma bisa memperoleh penghargaan peringkat pertama di akhir tahun, sekaligus memotivasi untuk berkreasi dan berinovasi terus menerus. 

 

"Kita bersyukur dilihat dari sisi input, proses, output, dan out come kita unggul semua dari 258 Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) tingkat nasional. Penilaian ini didasarkan pada data Kemendikbud 2020," ungkapnya. 

 

Sebelumnya Unisma masuk dalam 10 besar kampus terbaik di Jawa Timur. Pencapaian ini berdasarkan rilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud tentang klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2020. 

 

"Sebelumnya Unisma meraih urutan ke-44 dari total 2.136 perguruan tinggi di Indonesia, tahun lalu memperoleh urutan ke 85. Atas pencapaian ini, Unisma berada pada klaster 2," terangnya.

 

Dan pada 2020 ini, peringkat Unisma meningkat pada kategori kinerja kemahasiswaan dan kinerja penelitian.

 

"Dari sisi kinerja kemahasiswaan di tahun 2020, Unisma juga berada di ranking 25 Besar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia, berdasarkan penilaian Kemendikbud 2020. Begitu juga secara nasional kinerja penelitian masuk dalam klaster utama," ujarnya. 

 

Selain itu, Unisma mendapat anugerah masuk dalam 5 kampus swasta unggul di Provinsi Jawa Timur. 

 

"Alhamdulillah banyak prestasi yang kita peroleh, seperti sistem publikasi masuk 3 besar dari 328 PTS di Jawa Timur," jelasnya.

 

Rektor berharap Unisma terus meningkatkan kualitas pendidikan dan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

 

"Saya berharap terus melakukan inovasi dan membangun kemitraan nasional maupun internasional secara berkelanjutan," pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira


Pendidikan Terbaru