Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Aksi Kemanusiaan di Tengah Pandemi, Pelajar NU Blitar Gelar Donor Darah

Aksi Kemanusiaan di Tengah Pandemi, Pelajar NU Blitar Gelar Donor Darah
Aksi donor darah oleh CBP-KPP IPNU-IPPNU Blitar. (Foto: NOJ/INF)
Aksi donor darah oleh CBP-KPP IPNU-IPPNU Blitar. (Foto: NOJ/INF)

Blitar, NU Online Jatim

Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Kabupaten Blitar bersama Palang Merah Indonesia setempat menggelar donor darah di Gedung Graha Nahdlatu Ulama (NU) Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Ahad (18/07/2021).

 

Donor darah digelar untuk memenuhi kebutuhan darah yang stoknya kian menipis di tengah melonjaknya kasus Covid-19.

 

Komandan DKC KPP Kabupaten Blitar Ira Wahyu Lestari menuturkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang sudah dijalankan setiap tiga bulan sekali. Terlebih saat ini kebutuhan kantong darah meningkat, baik yang karena Covid-19 atau pun yang bukan.

 

“Maka dari itu, CBP-KPP mengedukasi masyarakat untuk tetap donor darah meski pun sudah vaksin,” kata Ira kepada NU Online Jatim.

 

Ia menambahkan, banyak masyarakat yang masih ragu untuk donor darah setelah vaksin. Padahal, boleh dilakukan asal sudah melewati jangka waktu empat minggu setelah vaksinasi tahap pertama dan dua minggu setelah vaksinasi tahap kedua.

 

Diharapkan, masyarakat kembali aktif berdonor darah, mengingat kantong darah saat ini benar-benar dibutuhkan. Selain untuk aksi kemanusiaan kegiatan ini dapat menambah erat hubungan CBP-KPP dengan PMI sebab CBP-KPP juga memiliki bidang garap di dunia kesehatan.

 

“Semoga kegiatan ini dapat membeberikan manfaat kepada orang yang benar-benar membutuhkan,” ujar Ira.

 

Di lokasi, peserta donor darah kali ini sangat antusias meski pun ada beberapa dari mereka yang tidak lolos karena tidak memenuhi syarat donor. Salah satu pesertanya adalah Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Kabupaten Blitar, Syariful.

 

“Alhamdulillah, setelah berkali-kali ditolak karena masalah berat badandan tensi, akhirnya bisa donor darah,” kata Syariful.

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 Promosi