Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Aksi Kemanusiaan Serentak LAZISNU Sasar Seniman Sepuh di Malang

Aksi Kemanusiaan Serentak LAZISNU Sasar Seniman Sepuh di Malang
Penyerahan secara simbolis bantuan untuk seniman di Kota Malang. (Foto: NOJ/ Machan Jazuli).
Penyerahan secara simbolis bantuan untuk seniman di Kota Malang. (Foto: NOJ/ Machan Jazuli).

Malang, NU Online Jatim

Aksi Kemanusiaan Serentak di 98 titik yang diinisiasi Pimpinan Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah (LAZISNU) Jawa Timur juga dilaksanakan di Kota Malang. Setidaknya ada tiga titik yang dilaksanakan di Kota Malang pada Jumat (26/02/2021).

 

"Aksi kemanusiaan di Malang ada 3 titik, salah satunya disini. Aksi kemanusiaan ini untuk seniman lansia atau sesepuh di Malang. Tiga titik itu, satu disini kedua untuk guru ngaji ketiga untuk petugas sampah," kata Arifin, Pengurus PW NU Care-LAZISNU Jawa Timur.

 

Ia berharap bantuan ini bermanfaat bagi seniman. "Meringankan beban sahabat-sahabat seniman sepuh khusus lansia, paling tidak membantu di musim Pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

 

Sementara itu, Walikota Malang, H Sutiaji menyampaikan apresiasinya kepada NU Care LAZISNU yang telah ikut membantu para seniman. Karena selama ini seniman dari segi karya luar biasa, namun belum ada dukungan pembinaan, bahkan dipandang sebelah mata.

 

"Terima kasih kepada LAZISNU yang sudah memberikan santunan untuk kepedulian kepada semua masyarakat yang ada di Kota Malang," papar pria yang pernah mondok di PP Miftahul Huda Gading tersebut.

 

Acara tersebut selain aksi kemanusiaan juga sebagai ajang silaturrahmi. Berbagi pengetahuan dan kemampuan dari para seniman sepuh. "Mengambil sesuatu yang sangat berharga terhadap orang pendahulu-pendahulu kita semua," terangnya.

 

Ketua Komunitas Seni Budaya Kabunga (Karya Bumi Ngalam), Yuyun Sulastri menuturkan, untuk di Kota Malang seniman sepuh jumlahnya tercatat lebih dari 100 orang.

 

"Karena pandemi, kami hanya mengundang 45 orang. Ini nanti yang datang bertahap akan berlanjut samapai siang," terangnya.

 

 

Selain itu ia menambahkan, dari komunitas ini akan membina setiap bulan melalui check up gratis, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang. "Kita akan melakukan perjanjian, kegiatan bersama ceck up gratis tiap bulan seniman sepuh," pungkasnya.

 

Penulis: Madchan Jazuli

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim