• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Keislaman

Alasan Membaca Qunut saat Witir di Separuh Ramadlan

Alasan Membaca Qunut saat Witir di Separuh Ramadlan
Persiapan shalat tarawih. (Foto: NOJ/ASm)
Persiapan shalat tarawih. (Foto: NOJ/ASm)

Perlahan namun pasti, Ramadlan terus bergulir. Dari yang awalnya disambut suka cita dengan beragam persiapan, kini tidak terasa telah separuh jalan.

 

Ya, tidak lama lagi Ramadlan pun akan meninggalkan kita. Dan menjelang separuh akhir Ramadlan, masyarakat membiasakan qunut di akhir shalat witir.

 

Membaca qunut pada akhir shalat witir bukanlah sesuatu yang baru. Kebiasaan ini sudah berlangsung cukup lama sejak masa sahabat sampai sekarang. Dikisahkan bahwa Ubay Ibn Ka’ab, Umar Ibn Khatab, dan beberapa sahabat lainnya membaca qunut di akhir shalat witir setelah separuh Ramadlan.

 

 

Sebab itu, Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar menjelaskan:

 

ويستحب القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه: أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث: في جميع السنة، وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل

 

Artinya: Menurut kami, disunahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadlan. Ada juga dari kalangan kami (Syafi’iyah) yang berpendapat, disunah qunut di sepanjang Ramadlan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunahkan qunut di seluruh shalat sunah. Ini menurut Madzhab Abu Hanifah. Namun yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu qunut pada separuh akhir Ramadlan.

 

Dalam pandangan Imam al-Nawawi, disunahkan qunut di akhir shalat witir pada separuh akhir Ramadlan. Meskipun menurut sebagian pendapat ada yang membolehkan qunut sepanjang Ramadlan, namun pendapat yang paling kuat dalam madzhab Syafi’i adalah qunut dikhususkan pada separuh akhir Ramadlan.

 

Wallahu a’lam.

 


Editor:

Keislaman Terbaru