• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Malang Raya

Almaghfurlah KH A Hasyim Muzadi Terima Penghargaan dari PWI Jatim

Almaghfurlah KH A Hasyim Muzadi Terima Penghargaan dari PWI Jatim
Ketua PWI Jatim memberikan penghargaan kepada keluarga KH A Hasyim Muzadi di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Kota Malang. (Foto: NOJ/BJ)
Ketua PWI Jatim memberikan penghargaan kepada keluarga KH A Hasyim Muzadi di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Kota Malang. (Foto: NOJ/BJ)

Malang, NU Online Jatim
Kiprah yang ditorehkan almaghfurlah KH A Hasyim Muzadi sebagai tokoh dari Jawa Timur diapresiasi sejumlah kalangan. Kali ini datang dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim.


Mantan Ketua Umum Pengurus  Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim ini mendapatkan penghargaan PWI Jatim Award 2020 kategori Prime Achievement. 

 

PWI Jatim menilai spirit perjuangan mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim ini sangat besar terhadap komitmen kebangsaan dan keberagaman. Dalam catatan PWI Jatim, Kiai Hasyim yang juga pendiri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Kota Malang memiliki kepedulian dan dekat dengan insan media. 

 

Penghargaan diberikan Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim kepada Ketua Yayasan Alhikam, Gus Hakim Hidayat di Pesantren Al-Hikam, Kota Malang, Rabu (8/7).

 

“Kami memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi yang sangat luar biasa kepada almarhum Kiai Hasyim Muzadi dengan spirit keberagaman dan kebangsaannya. Beliau juga sangat dekat dengan teman-teman wartawan, baik saat di Jatim sampai di tingkat nasional,” kata Ainur Rohim.

 

Ainur Rohim didampingi beberapa pengurus PWI Jatim dan Ketua PWI Malang Raya, M Ariful Huda. Dia mengenang perjuangan Kiai Hasyim saat memimpin PWNU Jatim yang begitu dekat dengan wartawan. Pemikiran-pemikirannya yang luas dianggap menambah pengetahuan para wartawan yang sering kali meliput atau mewawancarainya.

 

“Kapan pun beliau ada waktu, akan menerima wawancara wartawan. Setelah itu biasanya dialog santai sambil minum kopi. Pemikiran beliau soal kebangsaan sangat luas, apalagi pemikiran keagamaannya,” ujar Ainur Rohim.

 

Penghargaan PWI Jatim Award 2020 rutin diberikan PWI Jatim saat Hari Pers Nasional (HPN). Tahun ini ada 18 tokoh regional dan nasional yang mendapatkan penghargaan PWI Jatim Award. Awalnya, penghargaan akan diberikan pada puncak peringatan HPN. Namun, karena terjadi pandemi Covid-19 semua rencana dibatalkan. 

 

“Akhirnya kami yang datang langsung kepada masing-masing tokoh untuk menyampaikan penghargaan ini,” tutur Ainur Rohim.

 

Putra KH A Hasyim Muzadi, Gus Hakim Hidayat mengucapkan terima kasih atas penghargaan PWI Jatim yang diberikan kepada ayahnya. Selain sebagai apresiasi terhadap spirit perjuangannya, juga sebagai bentuk pengakuan terhadap Kiai Hasyim. 

 

“Ini akan menjadi bahan renungan kami untuk memaknai perjuangan abah (Kiai Hasyim),” kata Gus Hakim yang didampingi Kepala Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, H Muhammad Nafi’.

 

Selain Kiai Hasyim Muzadi, PWI Jatim Award 2020 juga diberikan kepada mendiang Dr (HC) KH Salahudin Wahid, Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang dan tokoh lain.

 

Diambil dari: https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/gus-hakim-hidayat-penghargaan-ini-jadi-motivasi-kuat-kami-meneruskan-perjuangan-abah/

 

Editor: Syaifullah
 


Editor:

Malang Raya Terbaru