Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Alumni MAUWH Tambakberas Jombang Diterima di Kampus Mancanegara

Alumni MAUWH Tambakberas Jombang Diterima di Kampus Mancanegara
Kegiatan peserta didik di halaman MAUWH Tambakberas, Jombang sebelum pandemi Corona. (Foto: NOJ/ISt)
Kegiatan peserta didik di halaman MAUWH Tambakberas, Jombang sebelum pandemi Corona. (Foto: NOJ/ISt)

Jombang, NU Online Jatim

Salah satu indikator apakah sebuah lembaga pendidikan formal memiliki keunggulan dan dapat diandalkan adalah kiprah yang ditunjukkan alumni. Bisa dengan diterimanya para lulusan di dunia kerja, maupun kampus yang ada di dalam, bahkan luar negeri.

 

“Secara umum tujuan institusional madrasah kami adalah menyiapkan lulusan untuk melanjutkan kuliah dan memasuki dunia kerja,” kata Ustadz Faizun, Senin (24/05/2021).

 

Kepala Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh atau MAUWH Tambakberas, Jombang tersebut kemudian menjelaskan kiprah sejumlah almuni.

 

“Dalam hal melanjutkan perkuliahan, lulusan MAUWH terbukti diterima di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, dalam dan luar negeri,” jelas Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut.

 

Dirinya kemudian mengemukakan bahwa pihak madrasah sangat memperhatikan keberlanjutan studi peserta didik. Bahkan pendalaman yang lebih intensif diberikan kepada mereka yang akan melanjutkan studi ke kampus dengan nilai kompetisi demikian ketat.

 

Hal tersebut demi memastikan bahwa keinginan peserta didik maupun wali murid dapat diwujudkan dengan baik. Karenanya, proses menuju ke arah sana demikian diseriusi dengan lebih mengedepankan dialog.

 

Terkait proses untuk dapat diterima di kampus harapan, sejumlah jalur seleksi diikuti para alumni. Bahkan jauh hari sebelum mereka dinyatakan lulus. Dan selama ini, berbagai jalur yang ditempuh untuk keberlanjutan studi peserta didik adalah lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa dikenal sebagai jalur undangan atau SNMPTN. Demikian juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yakni SPAN-PTKIN, jalur prestasi, beasiswa, dan lain-lain.

 

Ustadz Faizun sangat bersyukur sekaligus bangga karena setiap tahun ada saja alumni yang diterima di kampus ternama. Hal tersebut tidak semata di dalam, juga luar negeri.

 

“Beberapa negara, selain dalam negeri yang sudah menjadi tempat alumni MAUWH melanjutkan studi adalah Sudan, Syuriah, Yordania, Mesir, Amerika, Australia, Belanda, Cina, dan Jerman,” ungkap dia.

 

Bagaimana dengan penyerapan alumni di dunia kerja? Madrasah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas tersebut  menyebutkan bahwa kiprah mereka cukup membanggakan. Hingga kini dalam hal dunia kerja, alumni MAUWH dapat diterima dan berkhidmat di berbagai sektor.

 

“Ada yang memilih berwiraswasta, bekerja di BUMN, abdi negara yakni pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara, guru maupun dosen, bidang kesehatan, TNI/Polri, ulama, dan lain-lain,” pungkas dia.


Editor:
F1 PWNU Jatim