Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Alumni Pesantren Tambakberas Jombang Jadi Rektor UIN Malang

Alumni Pesantren Tambakberas Jombang Jadi Rektor UIN Malang
Prof Dr HM Zainuddin Rektor UIN Maliki Malang yang baru. (Foto: WhatsApp)
Prof Dr HM Zainuddin Rektor UIN Maliki Malang yang baru. (Foto: WhatsApp)

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang punya rektor baru. Ia adalah Zainuddin MA. Alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, itu terpilih sebagai Rektor UIN Malang periode 2021-2025, menggantikan rektor sebelumnya, Abdul Haris.

 

Zainuddin terpilih setelah melalui proses pemilihan rektor yang panjang. Mulai dari pendaftaran, penjaringan calon, penilaian dari senat, seleksi dan penilaian di Kementerian Agama, hingga kemudian Menteri Agama memutuskan ia terpilih. Surat Keputusan itu diterima Zainuddin pada Rabu (28/07/2021).

 

Terpilihnya Zainuddin menjadi Rektor UIN Malang disambut bangga oleh alumni dan santri Pesantren Tambakberas Jombang. Ucapan selamat pun disampaikan melalui poster-poster yang beredar di jejaring WhatsApp dan media sosial.

 

Ketua Yayasan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas KH M Wafiyul Ahdi atau Gus Wafi mengatakan, Zainuddin pernah mengenyam pendidikan di Madrasa Aliyah Negeri Tambakberas, sekarang berubah menjadi MAN 3 Jombang.

 

Gus Wafi turut gembira alumni Pesantren Tambakberas dipercaya untuk memimpin kampus bergengsi UIN Malang. Dengan kehadiran Zainuddin yang berlatarbelakang santri, ia berharap sinergitas antara UIN dengan pesantren semakin kuat.

 

“Alhamdulillah, ikut berbahagia atas amanat baru yang diemban Prof Zainuddin. Semoga beliau diberi kemampuan melaksanakan tugas tersebut. Dan harapan kami UIN Maliki Malang mampu bersinergi dengan pesantren dalam menyiapkan generasi Muslim yang unggul, dengan diberinya kemudahan bagi kader-kader unggulan pesantren untuk melanjutkan ke UIN Maliki,” ujar Gus Wafi kepada NU Online Jatim.

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 PWNU Jatim