Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Fraksi PKB DPRD Sidoarjo Salurkan Ratusan Sembako Bagi Warga Terdampak Banjir

Fraksi PKB DPRD Sidoarjo Salurkan Ratusan Sembako Bagi Warga Terdampak Banjir
Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sidoarjo, Abdillah Nasih menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada warga terdampak banjir di tiga desa di kawasan Kecamatan Tanggulangin (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sidoarjo, Abdillah Nasih menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada warga terdampak banjir di tiga desa di kawasan Kecamatan Tanggulangin (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

 

Sidoarjo, NU Online Jatim
Tingginya curah hujan ditunjang dengan lokasi yang rendah membuat banjir melanda tiga desa di wilayah Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Ketiga desa tersebut adalah Desa Banjarpanji, Banjarasri, dan Kedungbanteng.

 

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah. Di antaranya melakukan normalisasi sungai, tetapi hasilnya masih belum maksimal karena lokasi banjir masih rendah. Banyak warga setempat yang kesulitan beraktifitas semenjak banjir menerjang kawasan tersebut beberapa bulan lalu.

 

Untuk sedikit meringankan warga yang terdampak banjir, Ketua dan anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Kabupaten Sidoarjo menggelar Bakti sosial (Baksos) dengan menyalurkan ratusan paket sembako kepada warga setempat, Sabtu (23/01/2021).

 

Baksos hari ini dipusatkan di Desa Banjarpanji, rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Fraksi PKB, Abdillah Nasih, menyampaikan keprihatinannya atas musibah banjir yang sampai saat ini masih menggenangi tiga desa tersebut.

 

“Ada tiga kegiatan yang kami laksanakan pagi hari ini, disamping bakti sosial pembagian sembako, juga menggelar pengobatan gratis, Insyaallah kami bersama GP Ansor juga akan membuka posko pengaduan dan hal-hal yang berkaitan dengan penanganan banjir,” kata Cak Nasih, sapaan akrabnya.

 

Menurutnya, masalah banjir di Kabupaten Sidoarjo adalah masalah klasik, dirinya mengharapkan doa dan dukungan masyarakat agar bisa menyelesaikan masalah banjir ini.  

 

“Kabupaten Sidoarjo ini dilintasi oleh tiga sungai besar, yakni Sungai Buntung di Kecamatan Waru, kemudian di tengah ada Sungai Sidokare Kecamatan Sidoarjo Kota, dan di selatan ada Sungai Ketapang Kecamatan Tanggulangin. Ketiga sungai ini ketika meluap, maka yang terdampak adalah masyarakat,” tegasnya.

 

Dijelaskannya, tidak mudah dalam menyelesaikan masalah banjir di Sidoarjo ini, salah satu sebabnya adalah kontur tanah yang miring, ketika yang wilayah atas membutuhkan air akan mengakibatkan  banjir di wilayah bawah.

 

“Penyebab banjir berikutnya adalah kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan menutupi saluran air di depan rumahnya. Mari kedepan kita dukung bersama-sama, karena niatan baik Fraksi PKB maupun Pemkab tidak bisa berjalan mulus tanpa bantuan dari semua masyarakat,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Winarti, salah satu warga penerima bantuan yang tinggal di Desa Banjarpanji RT 003 RW 001 memberikan apresiasi atas Baksos yang digelar Fraksi PKB DPRD Sidoarjo.

 

“Terimakasih PKB, bantuan sembako ini sangat bermanfaat bagi keluarga kami. Banjir ini telah menggenangi sampai ke dalam rumah kami,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Editor: Rofi'i Boenawi

PWNU Jatim Harlah