• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Metropolis

Anggota DPRD Jatim Ini Dukung Santri Kembali ke Pesantren

Anggota DPRD Jatim Ini Dukung Santri Kembali ke Pesantren
Suasana di pesantren. (Foto: NOJ/BKL)
Suasana di pesantren. (Foto: NOJ/BKL)

Surabaya, NU Online Jatim
Fraksi NasDem DPRD Jawa Timur mendukung santri kembali ke pondok dan aktif menjalani kegiatan belajar-mengajar. Setelah sekitar dua bulan pondok kosong karena santri diliburkan dan dipulangkan ke rumah, demi mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

 

Deni Prasetya, anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim menilai justru sejatinya santri lebih aman berada di dalam pondok ketimbang di luar pondok. Karena interaksi dengan orang luar sangat terbatas, sehingga kemungkinan tertular Covid-19 sangat kecil.

 

"Saya mendukung para santri kembali ke pondok dan aktif belajar. Terpenting, harus dipastikan mereka saat kembali ke pondok dalam kondisi sehat. Saya berharap, Pemprov memfasilitasi rapid test bagi santri sebelum mereka masuk pondok, sehingga kondisi pondok steril," tutur Deni sebagaimana dilansir Bangsaonline, Selasa (26/5).

 

Anggota DPRD Jatim asal daerah pemilihan Jember dan Lumajang ini mengungkapkan, selama protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dijalankan di lingkungan pondok, dirinya yakin tidak akan ada masalah. Di antaranya, cuci tangan menggunakan sabun serta pemakaian masker secara disiplin.

 

Selama pandemi Covid-19, Deni berharap kunjungan wali santri ditiadakan untuk sementara atau paling tidak dibatasi. Hal itu untuk memutus mata rantai penularan virus Corona dari luar ke dalam pondok pesantren.

 

"Saat ini yang terpenting, pihak pengasuh atau pun pengelola pondok menegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkungan pondok. Kalau itu dilakukan, insyaallah aman," ujar kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Kencong itu.

 

Deni mengingatkan, tahun ajaran baru 2020/2021 segera dimulai dan masa liburan santri pun sudah berakhir. Karena itu, sebaiknya Pemprov Jatim mengizinkan santri kembali ke pondok. Lebih baik lagi, kalau kedatangan santri ke pondok difasilitasi pemerintah.

 

Ia menjelaskan di Jawa Timur ada sekitar 7.000 pondok pesantren. Mayoritas salafiyah dan masih tradisional. Karena itu, pola belajar dari rumah tidak cocok diterapkan untuk santri pesantren salaf yang lebih menerapkan interaksi langsung.

 

"Kalau santri pondok pesantren modern tidak masalah dengan metode belajar dari rumah, mereka terbiasa dengan gadget dan teknologi. Tapi santri pondok salaf, masih sangat tradisional. Belum akrab dengan hp, laptop, ataupun wifi yang dibutuhkan untuk metode belajar dari rumah. Mereka ini lebih akrab dengan kitab kuning, jumlahnya mayoritas, harus diakomodir," pungkasnya. 

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru