• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Parlemen

Anggota DPRD Jatim Minta Bupati Sumenep Pikirkan Ulang Tambang Fosfat

Anggota DPRD Jatim Minta Bupati Sumenep Pikirkan Ulang Tambang Fosfat
Tambang fosfat di Sumenep. (Foto: NOJ/nd)
Tambang fosfat di Sumenep. (Foto: NOJ/nd)

Surabaya, NU Online Jatim

Penolakan tambang fosfat di Kabupaten Sumenep terus dibanjiri penolakan dari sejumlah pihak, mulai dari aktivis lingkungan, aktivis mahasiswa hingga sejumlah kiai dan pengasuh pondok pesantren.

 

Kali ini tambang fosfat diminta dipertimbangkan secara matang turut disuarakan Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur, Masduki. Ia beranggapan jika tambang fosfat benar-benar dilakukan, hal itu merupakan suatu ancaman bagi kelangsungan ekosistem dan dampak lingkungan di Kabupaten Sumenep.

 

"Pihak yang pertama kali dirugikan adalah para petani. Ini jelas efeknya, sebab tambang fosfat ini berada di tengah lahan basah para petani," kata Masduki saat ditemui diruangannya, Jumat (15/04/2021).

 

Politisi asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) ini menyebutkan, dampak buruk yang akan ditimbulkan mengarah pada perubahan budaya bahkan hingga ke kesehatan masyarakat, sebab teritorial yang ditempatinya sudah tidak ramah lingkungan.

 

Akhirnya, masyarakat dipaksa berpikir keras bagaimana pemanfaatan lahannya untuk bercocok tanam akibat penambangan ini. Kondisi ini menurutnya akan menjadi ironi tersendiri bagi para petani.

 

"Ekosistem lingkungan akan terdampak. Kita tahu memang bumi Indonesia ini kaya akan sumber daya alamnya. Namun tidak serta merta semuanya dilakukan penambangan, pikirkan masyarakatnya," ungkap Masduki.

 

Tidak hanya itu, kemungkinan yang akan terjadi adalah keterasingan warga Sumenep sendiri terhadap tanahnya. Karena peta keberadaan fosfat hampir meliputi setiap daerah di Kota Keris ini.

 

Ia berharap, Bupati Sumenep, Akhmad Fauzi berpikir ulang tentang potensi penambangan fosfat di daerahnya. Jangan hanya terlena terhadap meteri Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan meningkat dengan penambangan fosfat hingga mengesampingkan kesejahteraan dan kesehatan masayarakat. 

 

“Apalagi sudah ada penolakan dari para warga Sumenep. Ini seharusnya patut dipertimbangkan oleh pemerintah daerahnya," tegasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Parlemen Terbaru