Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Ansor-Banser di Sidoarjo Turun Jalan, Himpun Donasi untuk Korban Bencana

Ansor-Banser di Sidoarjo Turun Jalan, Himpun Donasi untuk Korban Bencana
Salah satu anggota Ansor/Banser Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo saat melakukan aksi penggalangan donasi untuk korban bencana alam Sulbar dan Kalsel, Kamis (21/01/2021). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Salah satu anggota Ansor/Banser Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo saat melakukan aksi penggalangan donasi untuk korban bencana alam Sulbar dan Kalsel, Kamis (21/01/2021). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Bencana  gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Majene dan Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada Kamis-Jum’at (14-15/01/2021) lalu mengakibatkan ratusan masyarakat setempat kehilangan tempat tinggal serta barang berharganya. Tak hanya itu, sejumlah warga dikabarkan meninggal dunia akibat terjadinya bencana ini.

 

Sementara itu, bencana banjir juga melanda wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) terjadi sejak 10 Januari. Sekitar sepuluh kabupaten/ kota di provinsi itu terdampak banjir yang disebut Presiden Joko Widodo termasuk banjir terparah dalam 50 tahun terakhir. Tiga daerah yang mengalami dampak terparah akibat banjir adalah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Laut.

 

Demi kemanusiaan dan untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana alam tersebut, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo melakukan penggalangan donasi dengan melakukan aksi turun ke jalan raya, Kamis (21/01/2021) sore.

 

Koordinator aksi, Achmad Fakhrurrozi saat ditemui NU Online Jatim mengatakan, kegiatan ini dipusatkan di Jalan Raya Simpang Enam Dungus, Kecamatan Sukodono melibatkan beberapa anggota Ansor-Banser dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran Covid-19.

 

“Rencananya, aksi penggalangan donasi ini kami gelar selama tiga hari kedepan dengan menyasar para pengendara yang lewat. Alhamdulillah, hari ini selama sekitar 1,5 jam bergerak kami memperoleh donasi Rp. 2.150.000,” kata Rozi, sapaan akrabnya.

 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, selain melakukan aksi penggalangan donasi dengan turun ke jalan raya, pihaknya juga telah melakukan penggalangan donasi melalui media sosial.

 

“Kami juga menerima donasi berupa barang, seperti pakaian layak pakai dan selimut. Kami berharap, apa yang dilakukan oleh PAC GP. Ansor Sukodono bisa membantu meringankan beban saudara kita yang terdampak bencana alam di Sulbar dan Kalsel,” ungkapnya.

 

Dirinya menyampaikan terimakasih kepada para pengguna jalan yang telah menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu para korban bencana alam.

 

“Kami juga mohon maaf kepada para pengguna jalan apabila telah mengganggu perjalanannya karena aksi kemanusiaan yang kami lakukan ini,” ujarnya.

 

Sementara itu, menurut pandangan Ketua PAC GP Ansor Sukodono H Abdul Muntholib, dengan banyaknya musibah yang terjadi di Indonesia saat ini, ia mengajak semua masyarakat untuk melakukan introspeksi diri.

 

“Bisa jadi ini sebagai musibah, ujian, atau bisa jadi sebagai nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita. Tergantung dari sudut pandang mana kita memaknai, yang terpenting adalah kita harus selalu bersabar dan bertawakkal kepada Allah SWT,” tegasnya.

 

 

Ia menambahkan, terlebih dengan wabah Covid-19 yang sampai saat ini masih terus meningkat, disamping ikhtiar zahir dengan selalu menerapkan protokol kesehatan serta menjaga imun tubuh, ikhtiar batin juga sangat penting, yakni selalu memohon perlindungan Allah SWT dari segala musibah.

 

“Semoga semua kesulitan, permasalahan, musibah, dan cobaan yang terjadi di negeri tercinta ini segera diberikan pertolongan oleh Allah SWT,” pungkasnya.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah