• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Tapal Kuda

Ansor Bondowoso Gelar Koordinasi terkait Zona Strategis Ijen Geopark

Ansor Bondowoso Gelar Koordinasi terkait Zona Strategis Ijen Geopark
Ketua PC GP Ansor Bondowoso, Kapriyanto. (Foto: NOJ/Ade N)
Ketua PC GP Ansor Bondowoso, Kapriyanto. (Foto: NOJ/Ade N)

Bondowoso, NU Online Jatim

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bondowoso mendukung pemerintah kabupaten setempat dan menyukseskan Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark (UGG). Karenanya, digelarlah rapat koordinasi (rakor) bersama 14 Pimpinan Anak Cabang GP Ansor yang masuk wilayah tersebut.

 

“Tentunya kami sangat mendukung dan merespons baik adanya Ijen Geopark,” kata Kapriyanto, Jumat (22/01/2021).

 

Disampaikan Ketua PC GP Ansor Bondowoso tersebut, maka dirinya melakukan rapat koordinasi dengan melibatkan pengurus daerah. Hal tersebut juga sebagai sarana mensosialisasikan pada masyarakat.

 

Menurutnya, kegiatan rakor ini dilakukan untuk menyamakan persepsi antara PC GP Ansor Bondowoso dengan PAC GP Ansor, serta pemerintah Kabupaten Bondowoso.

 

"Adapun yang menjadi wilayah kerjanya berada di Disparpora serta beberapa dinas lainnya. Di antaranya DPMD, Diskoperindag, Dinas Pendidikan dan yang lain,” jelasnya.

 

Ansor secara kelembagaan yang berada di garda terdepan sebagai kaderisasi, maka dari peran tersebut sangat penting untuk kelembagaan NU.

 

“Maka sewajibnya kita selalu jemput bola dalam setiap peran strategis,” urainya.

 

Menurutnya, di dalam rakor tersebut pihaknya mengoptimalkan pemetaan di setiap kecamatan sebagai aktualisasi peran pemuda. Hal itu untuk mendukung produktifitas dan partisipasi masyarakat terhadap Ijen Geopark.

 

"Di antaranya sosialisasi dan pembentukan cafe corner, tour gaet, wisata edukasi, serta ojek wisata," ucapnya. Demikian juga banyak ide itu bermunculan dan disampaikan sejumlah perwakilan, lanjutnya.

 

Kapri mengemukakan adanya kesamaan memiliki potensi dalam pengembangan geopark di Kecamatan Klabang. Maka pihaknya akan mengoptimalkan Singo Ulung serta produk oleh-oleh dan sovenir bersama PAC Tapen.

 

“Begitu pula PAC Sukosari dan Sumber Wringin akan fokus pada rest area dan beberapa spot wisata dan kopi,” jelasnya.

 

Oleh karena itu dirinya berharap dalam mengedukasi kepada masyarakat selalu ditingkatkan sampai ke kalangan ranting atau desa. Dan kolaborasi di semua elemen berjalan senada dengan visi yang sama.

 

Rapat koordinasi turut hadir Wakil Ketua Kordinator Kaderisasi, Abdul Azis Imron, dan Kordinator Ansor Geopark, Abu Sofyan dan 14 Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor di tingkat Kecamatan.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru