• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Metropolis

Ansor dan Banser di Gresik Kawal Tempat Ibadah agar Steril dari Covid-19

Ansor dan Banser di Gresik Kawal Tempat Ibadah agar Steril dari Covid-19
Banser PAC GP Ansor Benjeng Gresik melakukan pengecekan kondisi calon jamaah yang akan beribadah di masjid. (Foto: NOJ/Syafik H)
Banser PAC GP Ansor Benjeng Gresik melakukan pengecekan kondisi calon jamaah yang akan beribadah di masjid. (Foto: NOJ/Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim
New normal yang belum lama diterapkan di Kabupaten Gresik ternyata memberikan kejutan yang luar bisa. Karena hal tersebut berimbas kepada peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang sangat tajam, khususnya di Kecamatan Benjeng. Apalagi adanya klaster baru yaitu pasar yang sampai sekarang masih dilakukan sterilisasi dengan melakukan penutupan. 

 

Hal ini membuat Kasatkoryon Banser Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Benjeng mempunyai sebuah gagasan agar penyebaran virus Covid-19 tidak semakin meluas. 

 

"Saya berharap Banser Benjeng ikut serta melakukan upaya pencegahan mulai dari diri sendiri keluarga dan masyarakat sekitar. Jangan sampai ada klaster baru di lingkungan sekitar kita,” kata Manan, Jumat (26/6).

 

Kasatkoryon banser Benjeng ini selanjutnya berharap Banser ikut serta membantu protokoler kesehatan di masjid dan mushala. Hal tersebut demi memastikan tempat ibadah bisa terhindar dan bersih dari wabah virus Covid-19.

 

"Kami sudah kordinasikan kepada Ketua PAC GP Ansor Benjeng terkait gagasan Bankid atau Banser amankan masjid  bebas dari Covid,” ungkapnya. 

 

Dijelaskannya bahwa Bankid adalah gerakan yang bisa dilakukan Satkoryon Banser Benjeng sebagai ladang pengabdian dan perjuangan. Yakni untuk membantu mewujudkan masjid yang tangguh dari sebaran virus Covid-19, dengan menjaga dan mengawal penerapan  stndar protokoler kesehatan.

 

Yang dapat dilakukan antara lain dengan melakukan penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu badan, pemakaian masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan sejenisnya.

 

Sedangkan teknis kegiatan antara lain bahwa Ansor dan Banser di masing-masing Pengurus Ranting bisa melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan dengan menggandeng takmir masjid atau pemerintah desa.

 

Demikian pula Ansor maupun Banser di masing-masing pengurus ranting bisa ikut serta mengawal pelaksanaan shalat Jumat dengan penerapan standar protokoler pemerintah. Termasuk melaksanakan bakti sosial secara rutin di lingkungan masjid maupun mushala.

"Satkoryon Banser PAC GP Ansor Benjeng akan membantu dan membanckup semaksimal mungkin kegiatan dalam rangka menjaga dan mengawal masjid bebas dari Covid di masing masing ranting,” tegas sahabat Mannan. 

 

Pada prinsipnya, Ansor dan Banser sangat mendukung progam dan kegiatan yang dilakukan di semua tingkatan selama tidak melanggar aturan dan ketentuan organisasi.

 

“Juga kegiatan tersebut bagaimana bisa bermanfaat untuk warga dan masyarakat secara luas, karena memang seperti itu yang seharusnya kita lakukan sebagai bentuk khidmah kepada Ansor NU,” tutupnya.

 

Kontributor: Syafik Hoo
Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru