Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ansor di Sidoarjo Ajak NU Milenial Melek IT di Era Digital

Ansor di Sidoarjo Ajak NU Milenial Melek IT di Era Digital
Peserta pelatihan cyber media bagi NU milenial. Kegiatan diselenggarakan PAC GP Ansor Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R)
Peserta pelatihan cyber media bagi NU milenial. Kegiatan diselenggarakan PAC GP Ansor Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Perkembangan teknologi informasi di era digital membawa pada peradaban media sosial sangat diminati masyarakat Indonesia, khususnya pelajar dan generasi milenial. 

 

Karena begitu besarnya ketergantungan generasi milenial terhadap internet dan gawai, maka  harus diiringi dengan pemahaman terhadap literasi digital sehingga tidak mudah termakan berita hoaks. 

 

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sukodono, Sidoarjo, turut peduli dalam menangkal berita hoaks yang marak ditujukan kepada para kiai Nahdlatul Ulama (NU) sebagai panutan warga nahdliyin. 

 

Kepedulian tersebut diwujudkan dengan menggelar pelatihan cyber media bagi NU milenial yang bertajuk ‘Wis Wayahe Melek IT’ (sudah waktunya sadar IT, red) Ahad (19/1). Kegiatan dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Sukodono dengan menghadirkan dua orang pemateri yang ahli di bidang media sosial dan jurnalisme.

 

“Harapannya, usai pelatihan ini sahabat NU milienial bisa mengambil peran untuk menjadi duta damai di dunia maya dengan senantiasa menebarkan kebaikan dan menaburkan kasih sayang kepada sesama. NU millenial harus cerdas manfaatkan teknologi digital dalam rangka menjaga aqidah aswaja dan NKRI,” kata Lilik Yuli selaku ketua panitia pelaksana.

 

Dirinya juga menyampaikan bahwa pelatihan cyber media ini mendapat sambutan yang luar biasa dari sahabat NU Milenial. 

 

“Di luar perkiraan kami, karena selain diikuti oleh pengurus PAC GP Ansor Sukodono, utusan ranting, lembaga dan badan otonom Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Sukodono,” katanya.

 

Perserta  juga berasal dari utusan Banom dari luar Kecamatan Sukodono, bahkan ada yang dari kabupaten lain seperti  Gresik, Pasuruan dan  Mojokerto. Sehingga jumlah peserta mencapai 50 orang.

 

Panitia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kecamatan Sukodono yang telah memfasilitasi dengan meminjamkan tempat untuk pelatihan serta berbagai pihak yang telah mendukung suksesnya pelatihan ini.

 

Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Sidoarjo Rif’an Arif selaku menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan cyber yang digagas oleh PAC GP Ansor Sukodono. 

 

“Memang harus diakui tidak banyak Pimpinan Anak Cabang Ansor di Kabupaten Sidoarjo itu melaksanakan kegiatan seperti ini, sehingga saat kami diberikan pemberitahuan terkait kegiatan. Tentu kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada PAC GP Ansor Sukodono,” ujarnya.

 

Pelatihan cyber media ini juga mendapatkan dukungan dari Pembina PAC GP Ansor Sukodono H Sullamul Hadi Nurmawan. 

 

“Hari ini media sosial menjadi bagian dari hidup kita, Ansor harus melek IT agar pola pikir kita tidak ketinggalan. Setelah melek, kita kuasai IT,” tutur Gus Wawan, sapaan akrab anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo ini.

 

Kontributor: Yuli Rianto

Editor: Syaifullah

Bank Jatim (31/7)