• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Metropolis

Ansor di Sidoarjo Bagikan Tempat Cuci Tangan Gratis ke Masjid dan Mushala

Ansor di Sidoarjo Bagikan Tempat Cuci Tangan Gratis ke Masjid dan Mushala
penyerahan bantuan tempat cuci tangan di sejumlah tempat ibadah oleh Ansor Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R)
penyerahan bantuan tempat cuci tangan di sejumlah tempat ibadah oleh Ansor Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo kembali melakukan langkah nyata. Sebelumnya telah melakukan penyemprotan disinfektan ke masjid, mushala, madrasah, dan rumah pengurus NU beserta badan otonom (Banom).

 

Langkah itu berupa gerakan pengumpulan ember, jerigen, drum bekas dari warga untuk disulap menjadi tempat cuci tangan yang selanjutnya dibagikan gratis. Hal tersebut sebagai upaya penanganan dan pencegahan virus Corona (Covid-19).

 

“Dalam aksi peduli ini terlihat kesadaran warga untuk rajin mencuci tangan masih perlu perhatian. Pasalnya masih banyak ditemukan masjid dan mushala di Desa Jumputrejo yang belum memasang tempat cuci tangan dan sabun untuk jamaah,” kata Moh Winarto, Senin (12/4).

 

Padahal pemerintah telah membuat protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tempat ibadah. Di antaranya dengan mencuci tangan sebelum melaksanakan ibadah sebagai prosedur.

 

Ketua GP Ansor Jumputrejo ini bahkan turun langsung memimpin aksi peduli dengan diikuti anggota Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Mereka adalah anggota Gugus Tugas (Gus Gas) Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Jumputrejo Peduli Covid-19 dengan membagikan puluhan tempat cuci tangan beserta sabun.

 

“Alhamdulillah, kegiatan kita hari ini selain melakukan penyemprotan disinfektan lanjutan ke rumah Pengurus Ranting NU, Banom, juga membagikan tempat cuci tangan dan sabun ke 10 titik yang meliputi masjid, mushala, hingga madrasah di Desa Jumputrejo,” ungkapnya.

 

Dirinya berharap bisa mengumpulkan ember, jerigen, dan drum bekas lebih banyak lagi karena masih banyak mushala yang belum kebagian.

 

“Semoga lebih banyak lagi warga yang menyumbang ember, jerigen, dan drum bekas untuk kami jadikan tempat cuci tangan sebagai upaya edukasi kepada warga agar rajin mencuci tangan baik di masjid, mushala, maupun di rumah,” ujarnya.

 

Moch Winarto mengungkapkan bahwasanya pembuatan tempat cuci tangan dan penyediaan sabun cuci tangan dilakukan secara gotong-royong dan swadaya oleh Ansor dan Banser Ranting Jumputrejo.

 

Sementara itu Kusroni pengurus mushala Al-Hidayah RT 008 RW 002 Dusun Beciro memberikan apresiasi atas aksi kepedulian GP Ansor Jumputrejo terhadap masjid dan mushala yang ada.

 

“Terima kasih GP Ansor Ranting Jumputrejo yang melakukan aksi kepedulian dengan membagikan tempat cuci tangan. Ini sangat baik dan saya sangat mendukung,” tegasnya. 

 

Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru