Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ansor di Sumenep Rutin Santuni Dluafa

Ansor di Sumenep Rutin Santuni Dluafa
Pengurus PAC Ansor Pragaan Kabupaten Sumenep saat menyalurkan santunan kepada dluafa. (Foto: NOJ/ Firdausi).
Pengurus PAC Ansor Pragaan Kabupaten Sumenep saat menyalurkan santunan kepada dluafa. (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Pragaan, Kabupaten Sumenep melaksanakan santunan rutin untuk dluafa. Kali ini, Ansor melaksanakan santunan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Dusun Drusah dan Ceccek, Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Selasa (23/2/2021).

 

Kegiatan yang bertajuk 'Ansor Berbagi pada Dluafa' dilaksanakan setiap bulan di masing-masing Ranting dan dikoordinatori oleh Badrul Subakih. Maksud dan tujuannya adalah sebagai wujud kepedulian Ansor demi meringankan beban dluafa dan membangun kepekaan serta solidaritas sosial dari kalangan pemuda NU.

 

Imam Ghazali menjelaskan, pada awal periodenya ini kegiatan tersebut sudah berjalan tiga kali. Berdasarkan hasil rapat internal, pengurus memulainya dari daerah timur.

 

"Kami mengawali program ini di Desa Karduluk, kemudian berlanjut ke Desa Aeng Panas, dan kali ini kami menyapa dluafa di Desa Prenduan. InsyaAllah 14 desa di Kecamatan Pragaan akan kami sapa dengan gerakan sosial ini," ujar Ketua PAC GP Ansor Pragaan tersebut.

 

Sedangkan sumber dana berasal dari urunan pengurus  dan simpatisan lainnya. Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-guluk tersebut mengutarakan, identifikasi dan pendataan dluafa dipasrahkan sepenuhnya kepada pengurus Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor setempat. Mengingat merekalah yang lebih tahu kondisi ekonomi dluafa.

 

"Kami hanya menginstruksikan kepada masing-masing Ketua Ranting, untuk mendata beberapa dluafa yang layak kami santuni. Mengingat jumlah dana yang terkumpul tidak sebesar yang diinginkan oleh para kiai. Oleh karenanya, kami berharap kepada simpatisan agar tidak segan-segan menyalurkan bantuannya demi terealisasinya program bulanan ini," pintanya penuh harap.

 

Sementara itu, Gus Herzi menyatakan, ada empat dluafa yang disambangi oleh pengurus Ansor. "Keempat dluafa tersebut kami katakan layak disantuni. Karena kondisi ekonominya sangat memprihatikan, bahkan kehidupannya bergantung pada uluran tangan para sanak famili dan tetangga sekitar," ungkapnya.

 

Dirinya mengajak kepada generasi muda untuk mengurangi aktivitas yang menurutnya kurang bermanfaat. "Lewat kegiatan inilah, generasi muda dan pelajar yang ada di desa ini, harus merasa tersentuh dan terenyuh terhadap kondisi ekonomi warga, sehingga keberadaan Ansor bisa terus menyapa para dluafa yang belum kami kunjungi," harapnya.

 

 

Di kesempatan yang berbeda, ibu Hosniyah mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ansor. Karena dari dulu hingga sekarang, NU selalu menyapa rakyat kecil. "Semoga pemberian ini dicatat oleh Allah SWT, dan NU terus maju hingga akhir zaman," pungkasnya.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim