• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Ansor Trenggalek Maulidan di Masjid Joglo yang Masih Dibangun

Ansor Trenggalek Maulidan di Masjid Joglo yang Masih Dibangun
Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Agus M Izuddin Zakki saat sambutan dalam acara Maulid Nabi. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Agus M Izuddin Zakki saat sambutan dalam acara Maulid Nabi. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim

Ada yang berbeda dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Trenggalek. Pasalnya, lokasi yang ditempati merupakan Masjid Joglo yang saat ini dalam proses pembangunan. Masjid tersebut terletak di Dusun Ngampon, Desa Rejowinangun, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Trenggalek, Agus M Izuddin Zakki menuturkan, bahwa dalam kegiatan tersebut ada banyak agenda yang diusung, di antaranya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HSN 2021.

 

"Hajat pertama adalah memperingati hari kelahiran baginda Rasulullah SAW, dan selanjutnya HSN 2021," katanya, Selasa (20/10).

 

Ia menjelaskan, bahwa masjid yang sedang proses pembangunan ini bukan milik golongan maupun pribadi. Akan tetapi milik bersama untuk kepentingan beribadah, meskipun kelak ketika jadi tidak untuk Shalat Jum'at.

 

"Masjid ini milik panjenengan (kalian, red) semua, dedikasikan untuk masyarakat di sini karena warga sekitar tempat ibadahnya jauh," imbuhnya.

 

Terkait pembangunan, pihaknya mengaku sudah meminta restu langsung ke tokoh setempat, termasuk ke Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek.

 

“Saya berharap, pembangunan Masjid Joglo segera selesai tidak sampai awal tahun. Paling tidak akhir tahun bisa digunakan untuk shalat jamaah," paparnya.

 

Diketahui, Ansor Trenggalek diberikan amanah untuk membangun masjid setelah mendapat waqaf tanah dari seorang dosen kampus di Surabaya. Luas lahan tanah waqaf tersebut berukuran 54x34 meter persegi, akan tetapi yang dibuat masjid hanya sekitar 12x12 meter persegi.


Matraman Terbaru