• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Madura

Apel Kader Penggerak NU Bangkalan, Saatnya Mandiri Secara Ekonomi

Apel Kader Penggerak NU Bangkalan, Saatnya Mandiri Secara Ekonomi
Apel Kader Penggerak Nahdlatul Ulama Bangkalan. (Foto: NOJ/Abdullah Hafidi)
Apel Kader Penggerak Nahdlatul Ulama Bangkalan. (Foto: NOJ/Abdullah Hafidi)

Bangkalan, NU Online Jatim
Menyongsong dihelatnya rangkaian Hari Lahir (Harlah) ke-97 Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan menggelar apel kader penggerak NU.

 

Apel yang digelar untuk pertama kalinya ini diadakan di Lapangan Klowangan Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan, Ahad (15/3).

 

KH Humron Maula Muhammad, atau yang akrab disapa Ra Humron selaku Koordinatorat Pengkaderan PCNU Bangkalan yang membidangi kemandirian ekonomi jamaah dan jamiyah bertugas menjadi inspektur apel.

 

Dalam sambutannya, Ra Humron menyampaikan bahwa sudah saatnya NU kini mandiri secara ekonomi, khususnya NU Bangkalan.

 

"Pergerakan kader NU Bangkalan sudah semestinya memperhatikan kemandirian ekonomi jamaah dan jamiyah, demi menyongsong satu abad berdirinya NU," pesannya kepada peserta apel yang berjumlah kurang lebih 500 kader ini.

 

Dan yang menjadi alasan utama dari pergerakan ekonomi ini, masih menurut Ra Humron agar NU berkembang menjadi organisasi yang mandiri dan bermartabat.

 

Lantas ke depannya nanti diharapkan bahwa penguatan kepengurusan NU harus sudah dilimpahkan ke tiap-tiap Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) pasca diselenggarakannya Muktamar ke-34 NU di Lampung, 22-27 Oktober 2020.

 

"Setelah muktamar, penguatan kepengurusan NU harus sudah dilimpahkan ke MWCNU," pungkasnya menutup sambutan.

 

Adapun sebelum digelarnya apel, para kader diberikan penggemblengan batiniah. Di antaranya pemberian ijazah awrad walikutuban, ratib syaikhona, shalawat syaikhona, dan hizib al-autad.

 

Pemberian ijazah ini dimulai sejak pukul 2 dini hari hingga menjelang Shubuh, yang kemudian dilanjutkan dengan shalat berjamaah di masjid Al-Hasanah Tanah Merah dan kirab kader menuju lapangan Klowangan, lokasi apel.

 

Kontributor: Abdullah Hafidi
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Madura Terbaru