Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ashari, Atlet Judo dari IPNU Bojonegoro yang Juara di Kejurnas

Ashari, Atlet Judo dari IPNU Bojonegoro yang Juara di Kejurnas
Ashari saat meraih juara. (Foto: NOJ/ Luluk Nikmatul Rohmah)
Ashari saat meraih juara. (Foto: NOJ/ Luluk Nikmatul Rohmah)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Ashari, merupakan salah satu atlet bela diri judo berprestasi yang pernah mewakili Jawa Timur ke kompetisi nasional hingga juara. Ia juga salah satu kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dari Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

 

Ashari pertama kali mengenal olahraga judo pada tahun 2015 saat masih mengenyam pendidikan di Madrasah Aliyah (MA) Islahiyah Kalitidu. Setelah beberapa kali berlatih, ia berkesempatan mengikuti Kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Banyuwangi.

 

"Saat mengikuti kejuaraan tersebut saya belum berkesempatan mendapat juara, mungkin karena baru beberapa kali berlatih, jadi tidak dapat apa-apa waktu itu," tutur Ashari pada Kamis, (09/09/2021).

 

Beberapa bulan setelahnya, ia kembali mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jatim dan berhasil mendapat juara dua. Mewakili Provinsi Jawa Timur, ia melanjutkan kompetisinya sampai tingkat nasional di Kota Bandung.

 

"Setelah mendapat juara dua, saya dipanggil masuk ke Kejuaraan nasional (Kejurnas), di situ saya tanding lagi dan alhamdulillah berhasil mendapat juara satu. Kalau tidak salah, perlombaan itu berlangsung tahun 2016," jelasnya.

 

Tidak hanya itu, Ashari juga berhasil menyabet emas dalam kategori individu dan perunggu dalam kategori regu di Kejuaraan Porprov tahun 2019. Kala itu Bojonegoro menjadi tuan rumah kompetisi yang diikuti oleh sejumlah atlet judo se-Jawa timur.

 

Berbagai kejuaraan yang diraihnya itu tidak lain untuk mendapatkan prestasi yang membawa nama baik Kabupaten Bojonegoro dan pihak-pihak yang mendukung, termasuk kedua orang tuanya. Kompetisi ini juga memberikan banyak pelajaran seperti kekompakan antar teman pada saat pertandingan.

 

 

"Satu sama lain saling support, apalagi ketika kita bisa mendapat juara. Ini menjadi moment yang sangat berkesan. Bisa membanggakan banyak pihak, bangga dengan upaya kita selama latihan, juga bangga dengan hasil kita bisa mencapai apa yang kita inginkan. Semoga kesempatan ini juga bisa menginspirasi rekan-rekanita yang lain," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 Promosi