Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ayahanda Ketua Ansor Jombang Wafat, Gus Dur Menyebut Dubes

Ayahanda Ketua Ansor Jombang Wafat, Gus Dur Menyebut Dubes
KH Abdul Adhim Dimyati.(Foto: Istimewa).
KH Abdul Adhim Dimyati.(Foto: Istimewa).

Jombang, NU Online Jatim

Keluarga besar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang berduka. Sebab, KH Abdul Adhim Dimyati yang merupakan ayahanda dari Ketua Zulfikar Dawam Ikhwanto, Ketua PC GP Ansor Jombang tutup usia pada Kamis (4/3) pukul 07.45 WIB di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

 

Kiai Adhim merupakan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jombang. Semasa hidup, sosok Kiai Adhim dikenal dekat dengan Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Seringkali Gus Dur berkunjung ke rumah Kiai Adhim di jalan Pakubowono, Mojongapit.

 

“Saking dekatnya dengan Gus Dur, Kiai Adhim bercerita kalau Gus Dur menyebut dirinya itu Dubes alias Dukun Besar. Karena Kiai Adhim banyak tamunya dan dikenal sebagai sosok Kiai paranormal spiritual," kata Ibnu Al Farabi, salah satu keponakan KH Abdul Adhim.

 

Pria yang akrab disapa Mas Obi ini menuturkan, sosok almarhum dikenal sebagai kiai kharismatik dan nyentrik di Kabupaten Jombang. “Beliau sosok yang agamis dan nasionalis. Beliau sangat penyanyang terhadap semua keluarga baik dekat dan jauh,” ujarnya.

 

Ia berharap, pamannya itu khusnul khotimah. “Insyaalloh, beliau Pak Lek Adhim khusnul khotimah," tandasnya.

 

 

Diketahui KH Abdul Adhim lahir di Jombang, pada tanggal 28 Maret 1953. Jenazah almarhum KH Abdul Adhim Dimyati dimakamkan di pesarean keluarga yang berada di Pondok Al Adhim, Mojongapit, Jombang.

Iklan promosi NU Online Jatim