Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Bagi Wakil Ketua NU Jatim, Romdlon Nawawi Tipikal Kiai Pergerakan

Bagi Wakil Ketua NU Jatim, Romdlon Nawawi Tipikal Kiai Pergerakan
H Muhammad Romdlon dikenal sebagai aktivis sejati. (Foto: NOJ/Istimewa)
H Muhammad Romdlon dikenal sebagai aktivis sejati. (Foto: NOJ/Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Kepergian H Muhammad Romdlon Nawawi menyisakan duka bagi para kader yang dibesarkan dan mendapat sentuhan maupun  perhatiannya. Karena almarhum yang meninggal pada Jumat (9/10/2020) di kediamannya di Malang adalah sosok yang lengkap.

 

“Almarhum adalah sahabat yang shalih, kader dan aktivis NU sepanjang hayat,” kata Andry Dewanto Ahmad di akun Faceebooknya.

 

Disampaikan Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur tersebut, bahwa H Muhammad Romdlon adalah orang yang sangat baik. Dan penilaian ini turut disampaikan kebanyakan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

 

“Di kalangan PMII  Brawijaya Malang, saya kira Sahabat H Romdlon Nawawi adalah alumni paling populer dan elektabel di semua level angkatan,” jelas mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur tersebut.

 

Hal itu dibuktikan dengan intensitas komunikasi almarhum dengan yunior PMII aktif yang sulit dikejar. Biasa datang ke kantor PMII membawa makanan atau gorengan favorit aktivis dari masa ke masa. Lalu dilanjutkan  ngobrol gayeng sejenak, lalu pamit.

 

“Bila ada masalah, tinggal bilang ke almarhum. Maka dia akan mengajak berembuk almuni lain dan ditemukan solusi. Itulah Mas Romdlon, salah satu senior yang dekat di hati kadernya,” terang Mas Andry, sapaan akrabnya.

 

Dalam catatan suami dari Hikmah Bafaqih ini, sosok almarhum adalah alumni paling istikamah dalam hal berkunjung ke kantor cabang dan komisariat. Juga berbagai kegiatan dari mulai Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba), PKD atau Pelatihan Kader Dasar, Pelatihan Kader Lanjut (PKL). Bahkan kegiatan Rapat Tahunan Anggota Rayon (RTAR),  Rapat Tahunan Komisariat, Konferensi Cabang juga disempatkian hadir untuk  mengunjungi adik-adiknya.

 

“Terkait sejarah kantor PMII Cabang Malang dan kantor PMII Komisariat Brawijaya sekarang, almarhum punya peran sangat penting, tentunya bersama alumni lain,” ungkapnya.

 

Dijelaskan Mas Andry, bahwa Mas Romdlon orangnya unik, aktivitas dan profesinya banyak. Dikenal sebagai pengelana saat muda dengan sepeda ontel hingga luar negeri, aktivis PMII, dan tentu saja Nahdlatul Ulama.

 

“Tercatat juga sebagai dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, pembina Taman Pendidikan al-Quran di kampungnya, khatib Jumat di masjid, juga dikenal pemimpin rutin istighotsah di perkumpulan Averoes Malang,” terang dia. Yang sangat penting, juga sebagai wirausahawan gigih mulai dengan menjual beras hingga sarung batik Madura. Intinya serabutan sebagaimana pengakuan almarhum bila ditanya soal profesi, lanjutnya.

 

Dari yang diketahui Mas Andry, almarhum aktif di PMII, Ikatan Alumni PMII, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU),  juga pernah di Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama atau ISNU Malang.

 

“Intinya, dirinya merupakan senior sekaligus Muslim yang baik, ramah, sederhana, rendah hati, suka bercanda, memiliki perhatian pada kader. Kecintaan kepada PMII dan NU luar biasa, sehingga layak disebut sebagai pribadi teladan,” ungkapnya.

 

Di akhir testimoninya, Mas Andry mengucapkan selamat jalan kepada Kiai Mohammad Romdlon Nawawi dengan iringan doa semoga Allah SWT menyayangi dengan cinta.

 

“Tentu saja ampunan, kubur bagai taman surga, dekat dengan baginda mulia Nabi Muhammad SAW dan keluarga yang ditinggalkan tabah dan sabar, juga diberikan kesehatan hingga keluasan rejeki,” pungkasnya.


Editor:
F1 PWNU Jatim