Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Bahtsul Masail NU di Sumenep Diselingi Pemberian Santunan Yatim

Bahtsul Masail NU di Sumenep Diselingi Pemberian Santunan Yatim
Sejumlah yatim menerima santunan dari NU Care-LAZISNU Pragaan, Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)
Sejumlah yatim menerima santunan dari NU Care-LAZISNU Pragaan, Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Banyak cara yang dilakukan oleh warga Nahdatul Ulama atau Nahdliyin untuk menebarkan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya dengan memuliakan anak yatim sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT. 

 

Berangkat dari hal tersebut, NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISU) Pragaan, Sumenep menyantuni puluhan yatim. Kegiatan berbarengan dengan acara bahtsul masail yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep dan dilaksanakan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan.

 

Santunan ini merupakan bentuk kepedulian NU pada yatim sehingga mampu mengetuk kepekaan seseorang untuk saling menolong dan membiasakan diri menginfakkan atau memberikan sebagian rezeki kepada orang yang membutuhkan.

 

"Alasan utama terealisasinya program LAZISNU Pragaan tidak lain terlibatnya para muzakki yang secara berbondong-bondong untuk menyisakan rezekinya demi kepentingan umat,” kata Kiai Zubairi Karim, Sabtu (7/3).

 

Wakil Ketua MWCNU Pragaan tersebut menegaskan, bahwa santunan kepada yatim menjadi pilihan masyarakat di setiap acara bahtsul masail, terutama dalam hal berbagi terhadap sesama.

 

"Acara bulanan yang diselenggarakan oleh Lembaga Bahtsul Masail Nahdlaul Ulama Sumenep yang dilakukan secara bergantian di setiap MWCNU merupakan tanggung jawab LAZISNU dalam menjalankan amanah dan tanggung kepada Allah SWT," ungkapnya.

 

Untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan semangat berbagi, setiap bulan LAZISNU Pragaan tidak pernah absen memberikan santunan kepada yatim. Acara berbarengan dengan kegiatan bahtsul masail yang diselenggarakan oleh pengurus lembaga di setiap Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama secara bergantian.

 

Kiai Muhris Baharun selaku Ketua NU Care-LAZISNU Pragaan menyimpulkan, keikutsertaan pengurus dalam kegiatan ini untuk mempererat persaudaraan antarsesama Muslim dengan saling membantu.

 

"Karena anak yatim tidak memiliki ayah dan pikirannya belum cukup matang dalam mengolah harta yang benar,” pungkasnya.

 

Acara dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Azhar Desa Pekamban Daya Kecamatan Pragaan. Dihadiri utusan dari PCNU dan MWCNU se-Kabupaten Sumenep, baik dari jajaran musytasyar, syuriyah, tanfidziyah, lembaga, badan otonom, beserta PRNU se-Kecamatan Pragaan.

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah
 

Iklan promosi NU Online Jatim