• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Pantura

Bakti Sosial, Alumni Tambakberas di Bojonegoro Adakan Donor Darah

Bakti Sosial, Alumni Tambakberas di Bojonegoro Adakan Donor Darah
Kegiatan donor darah yang diadakan alumni Bahrul Ulum Tambakberas di Bojonegoro, Rabu (19/05/2021). (Foto: NOJ/ M Yazid).
Kegiatan donor darah yang diadakan alumni Bahrul Ulum Tambakberas di Bojonegoro, Rabu (19/05/2021). (Foto: NOJ/ M Yazid).

Bojonegoro, NU Online Jatim

Alumni Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang di Kabupaten Bojonegoro tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat karena ilmunya. Namun melalui kegiatan bakti sosial pesantren, mereka mengadakan donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi sekitar.

 

Donor darah yang tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, diinisiatori Collega Siswa Pesantren Bojonegoro (CSPB) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Kegiatan ini  dilaksanakan di Desa Nglumber Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (19/05/2021).

 

Selain alumni, santri dan keluarga Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, donor darah ini juga diikuti Pemdes Nglumber, Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Ikatan Keluarga Alumni Bahrul Ulum (IKABU) Cabang Bojonegoro. Berkat kegiatan ini ketersediaan stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Bojonegoro bertambah.

 

Ketua panitia bakti sosial pesantren, Ferdian Irwan P menjelaskan, kegiatan bakti sosial merupakan kegiatan tahunan yang diadakan orda (organisasi daerah) para santri di Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

 

"Tujuannya untuk melatih para santri dalam organisasi menyelenggarakan kegiatan dan pengabdian akan ilmu yang didapatkan. Serta membangun silaturahim dengan para alumni yang sudah lulus dari pondok," jelasnya.

 

Menurutnya, pertimbangan pemilihan kegiatan donor darah ini juga untuk memenuhi kebutuhan darah di masa pandemi Covid-19. Sebab, selama pandemi Covid-19 kebutuhan darah meningkat. "Supaya kegiatan ini bisa bermanfaat buat masyarakat Bojonegoro dan yang lainnya," ungkap Ferdian disela-sela mengikuti donor darah.

 

Sementara itu, salah seorang alumni Tambakberas, Mohammad Kundori mengapresiasi kegiatan positif dan inisiatif yang dilakukan para santri. Baginya, kegiatan ini memiliki misi mulia dan membangun kesadaran tentang pentingnya mendonasikan darah.

 

"Mendonorkan darah membantu masyarakat yang membutuhkan darah, namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19," paparnya.

 

Seluruh peserta yang mengikut donor darah dan petugas dari UDD PMI Kabupaten Bojonegoro menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

 

 

Pria yang akrab disapa Kang Dhory ini menambahkan, saat ini Bojonegoro mempunyai komitmen besar dalam membangun Bank Darah. Sehingga perlu upaya dan sinergitas bersama termasuk para santi untuk ikut membantu mewujudkannya.

 

"Harapannya kegiatan donor darah juga dilakukan di seluruh elemen masyarakat, sehingga ketercukupan darah bisa dipenuhi dan bisa membantu kabupaten sekitar," ungkap Wakil ketua PMI Kabupaten Bojonegoro tersebut.

 

Editor: Romza


Editor:

Pantura Terbaru