• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 April 2024

Pendidikan

Bangkitkan Semangat dan Kreativitas, FEB Unisma Gelar Webinar Kewirausahaan

Bangkitkan Semangat dan Kreativitas, FEB Unisma Gelar Webinar Kewirausahaan
Dekan Unisma dan pemateri saat Webinar Kewirausahaan. (Foto: NOJ/humas)
Dekan Unisma dan pemateri saat Webinar Kewirausahaan. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) menyelenggarakan Webinar Kewirausahaan dengan tema ‘Succesful Entrepreneurship in the Millenial Era Based on Sharia Economy’. Kegiatan yang digelar Rabu (16/06/2021) ini menghadirkan narasumber H Nanang Suherman, selaku Owner dan Founder Ayam Goreng Nelongso. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini bertujuan untuk memotivasi dan mendorong minat kaum milenial untuk berwirausaha.

 

Dekan FEB Unisma, Nur Diana juga menyambut baik kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa era saat ini penuh dengan ketidakpastian dan dinamika bisnis bergerak secara cepat. Hal ini menuntut sumber daya manusia yang kompeten, mampu berinovasi, kreatif dan adaptif.

 

“Untuk itulah program merdeka belajar di FEB Unisma memberikan hak kebebasan bagi mahasiswa untuk membuat pilihan sesuai yang diinginkan. Tugas FEB Unisma adalah menfasilitasinya. Mahasiswa harus memiliki dedikasi dan karakter yang kuat, kemampuan berwirausaha dan kemampuan belajar sepanjang hayat.

 

Selanjutnya Dekan FEB Unisma mengatakan bahwa lulusan harus mampu menciptakan lapangan kerja, maka mahasiswa gunakan kemampuan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

 

“Untuk itu kami berharap kegiatan webinar ini mahasiswa harus memperhatikan dengan baik dan mengambil Ilmu dari narasumber yang telah sukses berkecimpung didunia bisnis untuk sharing pengalaman sehingga bisa tumbuh entrepreneur muda sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia,”

 

Nanang Suherman, Owner dan Founder Ayam Goreng Nelongso dalam paparannya ada tiga kunci sukses dalam berbisnis, yaitu kerja keras, pintar melihat peluang dan pengambilan keputusan dalam peluang tersebut. Selanjutnya Nanang memberikan tips sebagai pengusaha yang sukses malang melintang pada bisnis kuliner, bahwa kesuksesan tidak serta merta dapat diraih dengan mudah. 

 

“Kita harus memiliki skill dan pengalaman dalam bisnis, maka manfaatkan hal itu. Pengalaman bisa diperoleh jika kalian bias memanfaatkan waktumu untuk magang kerja di beberapa bisnis yang diminati,”

 

Diakhir kegiatan, Nanang menekankan bahwa di era saat ini adalah era ketidakpastian.

 

“Artinya jangan hanya menunggu waktu, tetapi berlarilah dengan inovasi yang kalian miliki. Inilah yang akan menjadi daya saing nantinya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, yang ada hanyalah tidak mau melakukan. Pada intinya dalam memulai berwirausaha, jadilah percaya diri dan fokuskan diri anda untuk memulai berwirausaha dari sekarang,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru