Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Banser Bantu Bangun Rumahnya, Perempuan di Pamekasan Ini Meneteskan Air Mata

Banser Bantu Bangun Rumahnya, Perempuan di Pamekasan Ini Meneteskan Air Mata
Banser Tanggap Bencana (Bagana) Pamekasan saat membangun rumah di Dusun Tacempah Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan yang roboh karena diterjang angin. (Foto: NOJ/ Syarofi).
Banser Tanggap Bencana (Bagana) Pamekasan saat membangun rumah di Dusun Tacempah Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan yang roboh karena diterjang angin. (Foto: NOJ/ Syarofi).

Pamekasan, NU Online Jatim

Responsif terhadap situasi dan kondisi yang terjadi di sekitar sudah seharusnya dilakukan. Apalagi ada sesama yang tertimpa musibah. Lebih cepat untuk membantu merupakan langkah yang tepat.

 

Dan usaha seperti itulah yang dilakukan anggota Satuan Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Pamekasan setelah mengetahui rumah Salami di Dusun Tacempah, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, roboh karena diterjang angin, (19/11/ 2020) lalu.

 

Kini, dengan sigap anggota Bagana Pamekasan bergotong royong melakukan aksi membangun rumah Salami tersebut, Jumat (04/12/2020). Dalam membantu proses pembangunan rumah ibu tiga anak ini, anggota Bagana berbaur bersama masyarakat sekitar.

 

Jamaluddin, Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Pamekasan memaparkan, kegiatan gotong royong dalam rangka membangun rumah tersebut sudah menjadi tugas dari Bagana.

 

"Sejak pagi hari bersama warga kami sudah berada di tempat ibu Salami. Dan aksi seperti ini memang tugas Banser yang tergabung di Bagana," ucap Jamal, sapaannya.

 

Ia berharap, anggota yang telah dikerahkan untuk membangun rumah Salami ini selalu dalam keadaan sehat. "Semoga aksi ini sangat membantu karena kami cukup prihatin sekali dan semoga pasukan Bagana ini diberikan kesehatan untuk menyelesikan tugas ini," harap Jamal.

 

Sementara itu, Syafi’uddin Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan mengapresiasi kesigapan Bagana dalam membantu warga yang sedang tertimpa musibah.

 

"Aksi semacam ini tanggung jawab Ansor - Banser dan selaras dengan visi-misi kami GP Ansor Pamekasan untuk membangun 1 ranting 1 rumah tak layah huni," ucap Wakil Ketua DPRD Pamekasan itu.

 

Mantan aktifis PMII ini menambahkan, proses pembangunan rumah Salami ini dari hasil sumbangan dan koordinasi Ansor dengan semua pihak utamanya Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan.

 

"Kami dapatkan (dana) dari hasil kordinasi dengan semua pihak. Namun jika ada aghniya' juga ingin nyumbang silahkan langsung ke Bagana karena ini juga tanggung jawab bersama," imbuh Syafik.

 

Salami berterimakasih kepada Ansor dan Banser yang telah membantu membangun rumahnya. "Terima kasih sebanyak-banyaknya atas segala bantuan baik materi maupun tenaga dari  Ansor-Banser," ucap perempuan berusia 30 tersebut.

 

"Semoga Allah memberikan balasan yang lebih banyak kepada Ansor dan Banser karena kami hanya bisa mendoakan," ungkapnya sembari meneteskan air mata.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah