Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Banser di Malang Rutin Ngaji Kitab Karya KH Marzuki Mustamar

Banser di Malang Rutin Ngaji Kitab Karya KH Marzuki Mustamar
MDR-RA yang dilaksanakan PR GP Ansor Kelurahan Losari Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Sabtu (02/01/2021). (Foto: NOJ/ Moch Miftahul Rizki).
MDR-RA yang dilaksanakan PR GP Ansor Kelurahan Losari Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Sabtu (02/01/2021). (Foto: NOJ/ Moch Miftahul Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kelurahan Losari Kecamatan Singosari Kabupaten Malang melaksanakan rutinitasnya. Salah satu rutinitas yang tetap dilaksanakan yakni Majelis Ta'lim Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor (RA).

 

Kegiatan Rijalul Ansor di Losari dilaksanakan secara berkala setiap sebulan sekali, tepatnya pada Sabtu Pon di setiap bulannya. Kegiatan ini dilaksanakan keliling di setiap mushala dan masjid yang ada di Kelurahan Losari secara bergantian. Dan rutinan Rijalul Ansor kali ini bertempat di Langgar Assyarif tepatnya di Jl Suropati Kelurahan Losari, Sabtu  (02/01/2021) malam.

 

Rijalul Ansor ini juga sebagai ajang komunikasi Ansor dan Banser di Losari selain kegiatan kebanseran. Rijalul Ansor diadakan dari mushala ke mushala dan masjid ke masjid tujuannya untuk syiar serta mengenalkan kepada masyarakat. Terutama pemuda secara umum bahwa di Ansor dan Banser bukan sekedar kegiatan PAM (pengamanan).

 

Rijalul Ansor kali ini dihadiri 26 angggota Ansor dan Banser di Lingkungan Ranting Losari. "Kegiatan ini kami adakan untuk membentengi pemuda nahdliyin dari faham-faham yang tidak sesuai dengan Aswaja An–Nahdliyah," ujar Abdul Manan, Ketua PR GP Ansor Losari.

 

Rijalul Ansor di Losari ini dirangkai dengan pembacaan Rotibul Haddad, dilanjutkan dengan pembacaan shalawat Nabi, dan diakhiri dengan taklim kitab Al-Mukhtasor Al-Muqthatofat lil Ahlil Bidayat karya KH Marzuki Mustamar. Serta dilanjutkan dengan diskusi ringan tentang kepemudaan.

 

 

"Harapan saya tentunya supaya Rijalul Ansor ini terus berkembang dan semakin dikenal masyarakat secara luas. Serta semakin produktif dan inovatif tentunya," pungkas Manan.

 

Penulis: Moch Miftachur Rizki

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah