Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Banser Husada Sidoarjo Buka Layanan Kesehatan Gratis bagi Korban Banjir

Banser Husada Sidoarjo Buka Layanan Kesehatan Gratis bagi Korban Banjir
Layanan kesehatan diberikan Banser Husada Sidoarjo di lokasi banjir. (Foto: NOJ/Yuli R)
Layanan kesehatan diberikan Banser Husada Sidoarjo di lokasi banjir. (Foto: NOJ/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Setiap kali hujan lebat mengguyur dalam waktu lama, kawasan Desa Banjarasri, Kedungbanteng dan Banjarpanji sering terendam. Tiga desa di wilayah Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo tersebut sudah menjadi langganan banjir. Dan saat ini air masih merendam beberapa rumah warga. Termasuk sebagian jalan desa, kecuali yang sudah ditinggikan.

 

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sidoarjo melakukan peninjauan secara langsung di lokasi bencana. Dan setelah dilakukan penelusuran, salah satu yang sangat dibutuhkan warga saat ini adalah layanan kesehatan.

 

Menindak lanjuti hasil survei tersebut, satuan khusus Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Husada Kabupaten Sidoarjo menggelar bakti sosial. Yang diberikan berupa layanan kesehatan gratis bagi warga terdampak banjir di Desa Banjarasri dan Kedungbanteng.

 

Kepala satuan khusus (Kasatsus) Basada Sidoarjo, Sunan Rochmat mengungkapkan, layanan pengobatan gratis yang diberikan Basada meliputi pemeriksaan tekanan darah dan edukasi protokol kesehatan.

 

“Selain itu juga kami berikan layanan pengobatan alternatif, yakni bekam, pijat alternatif, akupuntur, dan akupresur,” kata Rochmat, Sabtu (23/01/2021).

 

Disampaikannya bahwa hal ini adalah suatu bentuk kepedulian PC GP Ansor Sidoarjo. Dan setidaknya ada 16 personil yang diturunkan untuk menyukseskan khidmat ini.

 

Dijelaskannya, masyarakat sangat antusias dengan yang digelar Basada Sidoarjo. Banyak di antara mereka datang menyampaikan keluhan, di antaranya pegal, kecapekan, tekanan darah tinggi, sakit pencernaan, dan lainnya.

 

“Harapan kami, masyarakat di sini tetap sehat. Selain itu bisa lebih mengenal Ansor dan Banser. Baksos ini juga menunjukkan bahwa kami selalu hadir di tengah masyarakat saat terjadi bencana sekaligus memberikan manfaat,” tegasnya.

 

Dalam pantauan NU Online Jatim, banyak korban banjir yang datang ke posko layanan kesehatan Basada Sidoarjo. Lokasinya dipusatkan di TPQ Al-Huda Desa Banjarasri.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim