• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Metropolis

Bantu Insan Transportasi, LAZISNU Jatim Bagikan Lima Ribu Sembako dan Masker

Bantu Insan Transportasi, LAZISNU Jatim Bagikan Lima Ribu Sembako dan Masker
Pemberian sembako dan masker dari LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/RB)
Pemberian sembako dan masker dari LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/RB)

Surabaya, NU Online Jatim

Kompas TV bersama NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur menyalurkan bantuan berupa masker dan paket sembako untuk warga yang bekerja di sektor transportasi di Jawa Timur. Bantuan ini bersumber dari hasil pelelangan buku 'Membangun Transportasi Merajut Negeri' yang diinisiasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 

 

Kegiatan pertama di Jawa Timur dilakukan pada Jumat (30/04/2021) sore di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Proses pendistribusian dilakukan oleh NU Care-LAZISNU Jawa Timur bersama Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak dan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya. Hadir dalam kesempatan tersebut Yuniarsono (Kepala Bidang P3 Kantor Kesyahbandaran), Miftahul Hadi (Kabid Keselamatan Layar Kantor Kesyahbandaran) dan Adies (Kasubag Hukum dan Humas Kantor Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya).

 

“Secara nasional, bantuannya berupa dua juta masker dan sepuluh ribu paket sembako untuk insan transportasi di Indonesia. Khusus di Jawa Timur, Kompas TV dan Kementerian Perhubungan menggandeng NU Care-LAZISNU Jawa Timur membagikan lima ribu paket sembako dan enam ribu paket masker medis,” kata A Afif Amrullah, Ketua NU Care-LAZISNU Jawa Timur.

 

Menurut Afif, momentum pembagian bantuan ini sangat tepat karena adanya kebijakan larangan mudik berdampak pada sepinya pengguna layanan transportasi umum di berbagai tempat dan berakibat pada keringnya pemasukan warga yang bekerja di sektor transportasi. 

 

“Insyaallah ini sangat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19, termasuk paket masker medis yang masih dibutuhkan di tengah pandemi yang belum selesai,” ungkap Afif. 

 

Pasca di pelabuhan, proses distribusi akan dilakukan secara bertahap di berbagai titik layanan transportasi umum di Surabaya dan sekitarnya. Antara lain di terminal bus, terminal angkutan umum, bandara dan layanan transportasi lainnya.  

 

“Sasarannya adalah pekerja harian yang berkaitan langsung dengan sektor perhubungan. Di antaranya supir angkutan umum, ojek, penjaga perlintasan kereta api, petugas kebersihan, tukang parkir, pedagang kaki lima, dan petugas penunjang, petugas keamanan, tenaga angkut, dan sejenisnya,” pungkas Afif.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru