Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Baru Dibentuk, Kopri di Jombang Diharapkan Tingkatkan Kreatifitas

Baru Dibentuk, Kopri di Jombang Diharapkan Tingkatkan Kreatifitas
Dialog yang dilaksanakan saat pembentukan Kopri Ya'qub Husain STIT-UW Jombang di kantor MWCNU Mojowarno, Jombang, Ahad (13/12/2020). (Foto: NOJ/ Adi).
Dialog yang dilaksanakan saat pembentukan Kopri Ya'qub Husain STIT-UW Jombang di kantor MWCNU Mojowarno, Jombang, Ahad (13/12/2020). (Foto: NOJ/ Adi).

Jombang, NU Online Jatim

Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (Kopri) Komisariat Ya'qub Husein STIT-UW Jombang akhirnya terbentuk. Peresmian pembentukan Kopri tersebut dilaksanakan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang,Ahad (13/12/2020). Selain pembentukan Kopri, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan dialog perempuan sekaligus memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM).

 

Aris Setiawan, Ketua Komisariat PMII Ya'qub Husein STIT-UW Jombang mengatakan, pendirian Kopri ini atas dasar kebutuhan dari kader putri yang membutuhkan wadah untuk berkreasi serta belajar lebih khusus tentang perempuan.

 

"PMII Ya'qub Husein sendiri berdiri sejak tahun 2009 yang lalu. Namun baru di tahun ini kita bisa mendirikan Kopri. Mengingat kader sekarang banyak anggotanya yang putri. Sehingga perlu adanya wadah khusus untuk mereka berkreasi," kata Aris Kepada NU Online Jatim.

 

Menurutnya, Kopri merupakan suatu lembaga semi otonom PMII yang dibutuhkan di Komisariat Ya'qub Husein. Tidak bisa dipungkiri bahwa alumni perempuan Ya'qub Husein telah berkiprah di masyarakat dengan baik. Ini menjadi tolak ukur tersendiri bagi keberlangsungan kader perempuan kedepannya.

 

"Perempuan-perempuan hebat juga pernah lahir di Komisariat kami, terbukti selama 9 periode kepengurusan terdapat 3 perempuan yang pernah memimpin menjadi nakhoda di Komisariat Ya'qub Husein," jelasnya.

 

Tak hanya itu, pembentukan Kopri ini juga sebagai kebutuhan utama dalam pengkaderan perempuan. Melihat Komisariat di Jombang lainnya sudah terlebih dahulu membentuk Kopri. Agar nanti ketika kader berproses di Kopri Cabang Jombang paham dengan alur gerak Kopri. Sehingga proses pengkaderan Kopri tidak dibilang prematur.

 

"Bagi kami ini menjadi suatu kebutuhan pengkaderan untuk keberlangsungan kader putri nanti ketika berproses ditingkatan yang lebih tinggi," ujarnya.

 

 

Aris berharap, dengan terbentukanya Kopri kader putri Ya'qub Husein bisa terwadahi dengan baik. Sehingga bisa bergerak lebih jauh mengenai perempuan dan mampu bersaing dan menjadi tauladan bagi Kopri dari Komisariat lainnya.

 

"Semoga kader putri Ya'qub Husein bisa berperan aktif dalam berbagai hal yang berkaitan dengan perempuan, dan bisa lebih maju serta bisa menjadi tauladan bagi Kopri lainnya," pungkasnya.

 

Penulis: Adi

Editor: Romza

PWNU Jatim