Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Begini Cara Ansor di Gresik Berikan Penghormatan kepada Pejuang Organisasi

Begini Cara Ansor di Gresik Berikan Penghormatan kepada Pejuang Organisasi
PAC GP Ansor Dukun Kabupaten Gresik saat memberikan prasasti kepada pejuang organisasi, Jumat (26/02/2021). (Foto: NOJ/ Syafik Hoo).
PAC GP Ansor Dukun Kabupaten Gresik saat memberikan prasasti kepada pejuang organisasi, Jumat (26/02/2021). (Foto: NOJ/ Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik melaksanakan kegiatan pra pelantikan. Kali ini, pengurus PAC GP Ansor Dukun memberikan prasasti kepada pejuang organisasinya.

 

Para pejuang tersebut adalah mereka kader Ansor dan Banser yang selama hidup hingga meninggal dunia menorehkan pengabdian tinggi untuk Nahdlatul Ulama (NU). Serta dedikasi terhadap Ansor dan Banser.

 

Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan kepada kader Ansor dan Banser atas perjuangan dan keikhlasanya selama pengabdian kepada NU dan NKRI.

 

Adapun kader Ansor dan Banser yang diberikan penghargaan dan prasasti atas perjuangan  berkhidmah kepada NU sampai meninggal dunia, yaitu Alek Yaman Tebuwung, H Noer Djayadi Dukuhkembar, H Fathur Rozi Bulangan, Kaselim Tebuwung, dan KH Robbah Ma'shum Dukun.

 

Bopo Alimin Kordinator Aksi mengatakan, sebelum menggelar kegiatan ini pihaknya melakukan silaturrahim ke beberapa tokoh NU dan senior Banser.

 

 "Alhamdulillah dari apa yang beliau (tokoh dan senior) sampaikan dan kesaksianya kepada keempat Banser tersebut dinilai sudah layak mendapatkan penghargaan dan prasasti. Apalagi Yai Robbah Ma'shum guru kita di NU, Ansor, dan Banser. Beliau menjadi kekuatan spirit NU di Kabupaten Gresik," katanya, Jumat (26/02/2021).

 

Ditambahkan Alimin, pemberian prasasti ini penting untuk edukasi dalam mengenalkan nama tokoh Ansor dan Banser di wilayah Kecamatan Dukun yang sudah meninggal dunia. "Ini harus dikenang dan juga didoakan melalui kegiatan Majelis Dzkir dan Sholawat Rijalul Ansor," ungkapnya.

 

Untuk rute aksi kegiatan pemberian prasasti dimulai dari Desa Bulangan ke makam H Fathur Rozi dilanjutkan ke Desa Tebuwung ke makam Alek Yaman dan Kaselim. Selanjutnya menuju Dukuhkembar ke makam H Noer Djayadi dan berakhir di makam KH Robbah Ma'shum Dukun.

 

 

Moh Syahidin, Ketua PAC GP Ansor Dukun mengatakan, sebagai awal pra pelantikan pihaknya berpamitan untuk wasilah kepada para pejuang Ansor dan Banser serta Muassis NU di wilayah setempat. "Semoga ini menjadi bagian dari suara langit untuk kita bisa menjalankan program Ansor dan banser dua tahun kedepan," katanya.

 

“Harapan kegiatan ini menjadi inspirasi kekuatan khidmah di Ansor dan Banser serta NU dalam menjalankan dan menyelesaikan program prestasi dan prasasti GP Ansor Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik," pungkas Syahidin.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim