• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Metropolis

Begini Gebrakan NU di Gresik Berdayakan Ekonomi Warga

Begini Gebrakan NU di Gresik Berdayakan Ekonomi Warga
Kerja sama KSPPS MWCNU Dukun Gresik dan KSPPS MUI Jatim. (Foto: NOJ/Syafik H)
Kerja sama KSPPS MWCNU Dukun Gresik dan KSPPS MUI Jatim. (Foto: NOJ/Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim
Dalam rangka hari Koperasi Nasional 2020, Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukun, Gresik gebrakan baru. Kali ini mengadakan kerja sama dalam rangka peningkatan dan kemajuan koperasi dengan KSPPS MUI Jatim. 

 

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan di kantor KSPPS MUI Jatim yang berada di Kecamatan Bungah, Ahad (12/7).

 

Kerja sama koperasi yang menggunakan sistem syariah ini bagian dari kemandirian untuk umat khususnya warga NU atau Nahdliyin. Pada saat yang sama juga sebagai sarana memberdayakan mereka secara ekonomi. 

 

“Insyaallah dengan kerja sama ini banyak sekali manfaatnya untuk kemandirian umat dan pemberdayaanya,” kata Ketua KSPPS MWCNU Dukun, H Muanan. 

 

Komitmen ini akan dijadikan dasar untuk bersama membangun basis umat NU dalam KSPPS. Apalagi KSPPS MWCNU Dukun dan KSPPS MUI Jatim termasuk koperasi sehat dan asetnya sudah Tinggi. 

 

“Hingga kini aset yang dimiliki sudah 7 miliar rupiah untuk KSPPS MWCNU Dukun, padahal baru berusia empat tahun. Dan KSPPS MUI Jatim mempunyai aset hingga 43 miliar rupiah untuk tahun kedelapan,” kata Muanan.

 

KSPPS MUI Jatim juga terus melakukan upgrading dalam rangka meningkatkan kapasitas dengan mendatangkan narasumber ahli perkoperasian yang profesional. 

 

Sedangkan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik, KH Khusnan Ali berharap semua pihak untuk menunjukkan komitmen terhadap penguatan ekonomi warga. Dan semua dapat dilakukan dengan model syariah. 

 

“Harapannya semoga KSPPS MWCNU Dukun dan KSPPS MUI Jatim mampu menjadi koperasi teladan dengan pengelolaan dan manajemen secara profesional dengan pola syariah, sehingga ke depannya menjadikan berkah bagi kita semua,” harap Kiai Khusnan, sapaan akrabnya. 

 

Tampak hadir pada acara ini MWCNU Dukun dan KSPPS Dukun, serta jajaran KSPPS MUI Jatim. Tampak pula KH Mansoer Shodiq selaku Ketua MUI Kabupaten Gresik.

 

 

Kontributor: Syafik Hoo
 


Editor:

Metropolis Terbaru