• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Begini Kemeriahan Harlah ke-71 Fatayat NU di Ponorogo

Begini Kemeriahan Harlah ke-71 Fatayat NU di Ponorogo
Kegiatan pemotongan tumpeng pada peringatan Harlah ke-71 Fatayat NU. (Foto: NOJ/Husnul)
Kegiatan pemotongan tumpeng pada peringatan Harlah ke-71 Fatayat NU. (Foto: NOJ/Husnul)

Ponorogo, NU Online Jatim

Dalam rangka menyambut Hari Lahir ke-71 (Harlah) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU),  Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Jetis, Kabupaten Ponorogo gelar berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 4 April 2021. Acara tersebut di antaranya khatmil Quran, pemotongan tumpeng, gowes bareng, senam bersama, dan tukar kado antaranggota Fatayat NU Jetis.

 

Rangkaian tersebut diawali dengan kegiatan khatmil Quran yang dilaksanakan pada hari Jumat (02/04/2021). Kegiatan ini didukung Pengurus Majelis Talim Jamaah Manakib, Maulid, Ratib dan Talim Santri (Jammsantri) Jetis yang mayoritas dulunya juga anggota Fatayat NU setempat.

 

"Kami mengawali serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati dan tasyakuran Harlah Fatayat NU ini dengan mengadakan khataman Al-Qur'an dan pembacaan ratib serta manaqib bekerja sama dengan pengurus Jammsantri di Jetis sebagai wujud tabarruk bil qur'an dan bish shalawat," kata Sujiyantini, Ketua PAC Fatayat NU Jetis.

 

Dalam agenda khatmil Qur'an ini diadakan pula pemotongan tumpeng yang berjumlah 7 dan 1 tumpeng. Tumpeng ini sebagai simbol ulang tahun Fatayat NU yang ke-71 terhitung sejak berdirinya pada tanggal 24 April 1950.

 

Rangkaian Harlah kedua dilanjutkan dengan kegiatan gowes sehat pada hari Ahad (04/04/2021). Dengan rute dimulai dari depan kolam renang Isaku Iki Kecamatan Jetis sampai lapangan Desa Mojorejo sebagai titik terakhir gowes yang disambung dengan senam bersama dan tukar kado.

 

"Kegiatan gowes yakni tujuannya tentu yang pertama adalah mengedukasi khususnya kepada anggota agar senantiasa menjaga imun di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini," katanya.

 

Dengan bertukar kado yang meskipun isinya adalah hal sangat sederhana, diharapkan dapat menumbuhkan perasaan saling menghargai dan mengasihi sesama anggota.

 

"Kado ini tentu bukan hanya simbolis seperti pada kegiatan ulang tahun pada umumnya, tapi kami berharap dengan ini sedikit memberikan efek positif secara emosional dan dapat menciptakan kesehatan lahir dan batin," terangnya.

 

Rangkaian acara tersebut diikuti oleh seluruh anggota PAC Fatayat NU Jetis dan anggota Ranting Fatayat NU se-Kecamatan Jetis. Turut hadir dalam acara tersebut ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), Ketua Muslimat NU Anak Cabang dan Uswah Yunita selaku Bendahara PC Fatayat NU Ponorogo. 
 

Kemudian tim sukses kegiatan ini didukung oleh GP Ansor, Barisan Serba Guna (Banser), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Jetis.

 

Ketua Fatayat NU Jetis mengharapkan untuk ke depan kader Fatayat NU harus siap menjadi kader yang milenial, sigap dalam bertindak, serta berkomitmen kuat dalam berorganisasi tanpa meninggalkan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama'ah.

 

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru