Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Begini Keseriusan Ansor Porong Sidoarjo Kawal Pembangunan Desa

Begini Keseriusan Ansor Porong Sidoarjo Kawal Pembangunan Desa
Seminar pemanfaatan dana desa oleh PAC GP Ansor Porong, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R)
Seminar pemanfaatan dana desa oleh PAC GP Ansor Porong, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Undang-undang desa telah menempatkan kawasan ini sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa diberikan kewenangan dan sumber dana yang memadai agar bisa mengelola potensi yang dimilikinya guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga.

 

Pemerintah pusat setiap tahun telah menganggarkan dana desa yang cukup besar. Namun hal itu tidak mungkin dapat dilakukan aparat desa, akan tetapi memerlukan dukungan, peran aktif, dan prakarsa dari masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Porong, Kabupaten Sidoarjo.

 

Yang dilakukan adalah dengan menggelar seminar kepemudaan yang bertajuk ‘Optimalisasi Peran Pemuda dalam Pemanfaatan Dana Desa’. Kegiatan dipusatkan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Porong, Jalan Lapangan Beringin, Pamotan, Kecamatan Porong, Ahad, (24/01/2021).

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sidoarjo, H Rizza Ali Faizin mengatakan bahwa kegiatan sebagai tindak lanjut dari yang pernah dilakukan PC GP Ansor Sidoarjo. Karena itu, dirinya memberikan apresiasi kepada PAC GP Ansor Porong atas seminar yang digelar.

 

“Kami mengimbau kepada PAC GP Ansor dan Ranting GP Ansor agar bisa bersinergi dengan Pemdes masing-masing. Kami juga berharap pendamping desa agar bisa menjembatani antara kader Ansor dengan Pemdes, supaya peran pemuda bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata H Rizza.

 

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Porong, Choirul Anam berharap ke depan para peserta seminar terus mengawal kebijakan dan anggaran di desa. 

 

“Semoga ke depan para peserta seminar ini terus mengawal kebijakan dan anggaran di desanya masing-masing, agar bisa berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat dan bisa memberdayakan para pemuda desa,” tegas Anam, kepada NU Online Jatim, Senin (25/01/2021).

 

Dijelaskannya, dalam seminar ini pihaknya menghadirkan narasumber dari Tim Pendamping Profesional (TPP) Tenaga Ahli Infrastruktur (TAI) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Sidoarjo, M Arif Hidayatulloh.

 

Pada seminar ini, narasumber yang juga kader Ansor tersebut memaparkan materi tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021. Juga kebijakan dana desa tahun anggaran 2021, serta pemuda sebagai masa depan desa.

 

Kegiatan diikuti 50 peserta dari utusan ranting se-Kecamatan Porong dan sekitarnya, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tampak hadir, Camat Porong, Ketua MWCNU, perangkat desa Glagaharum, dan tamu undangan lainnya.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim