Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Begini Terobosan Muslimat NU Tulungagung Menyejahterakan Anggota

Begini Terobosan Muslimat NU Tulungagung Menyejahterakan Anggota
PC Muslimat NU Ponorogo selalu mendorong kepengurusan di bawah memiliki usaha. (Foto: NOJ/Puspita H)
PC Muslimat NU Ponorogo selalu mendorong kepengurusan di bawah memiliki usaha. (Foto: NOJ/Puspita H)

Tulungagung, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Tulungagung terus menjaga komitmen untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan anggota. Yang dilakukan adalah dengan memberikan bantuan pendampingan kelompok usaha.

 

Setelah memberikan bantuan dan pendampingan kepada Toko Al-Khadijah yang dikelola Pimpinan Ranting (PR) Muslimat NU Desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol, PC Muslimat NU Kabupaten Tulungagung juga melakukan hal yang sama. Kali ini kepada PR Muslimat NU Desa Tiudan Kecamatan Gondang.

 

"Kelompok usaha Berkah Songo milik PR Muslimat NU Desa Tiudan Kecamatan Gondang yang kami bantu untuk mendapatkan bantuan dana hibah program Jaring Pengaman Sosial atau JPS Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker)," terang Hj Mitachurahmah, Ahad (07/02/2021).

 

Ia menjelaskan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada kelompok usaha Berkah Songo. Sektor yang yang digeluti adalah usaha laundry atau jasa mencuci pakaian dan barang  yang umum digunakan seperti seprai, selimut dan lain-lain. Mereka mendapatkan binaan khusus oleh PC Muslimat NU dalam hal pengelolaan.

 

Nama usaha kelompok Berkah Songo yang diketuai Hj Durahtul Mahnunin yaitu Londry Berkah Songo. Lokasinya di rumah bendahara kelompok, Eni Amurwani dan memiliki dua karyawan.

 

Menurut ketua kelompok usaha Berkah Songo, laundry dipilih karena banyak masyarakat yang membutuhkan jasa tersebut. Selain itu, terdapat dua ribu lebih anggota Muslimat NU di ranting setempat yang sepakat untuk menggunakan jasa Berkah Songo Londry jika membutuhkan saja mencuci pakaian.

 

"Hasil usaha akan dibagi untuk kesejahteraan anggota kelompok yang berjumlah 20 orang. Itu untuk operasional PR Muslimat NU Desa Tiudan dan Yayasan Yatim Al Hikmat Muslimat Desa Tiudan," terang Hj Durahtul Mahnunin.

 

Usaha yang diluncurkan pada Jumat (05/02/2021) ini mendapat dukungan dari Kepala Desa Tiudan, Hj Muji Kundari Rahayu. Ia menyebut bahwa usaha laundry akan mampu membantu pemerintah desa meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga setempat.

 

"Sangat tepat jika Kemnaker RI memberikan bantuan kepada kelompok usaha yang digawangi oleh PR Muslimat NU Desa Tiudan. Karena mereka telah berhasil mengelola yayasan yatim dan memiliki aset tanah yang sedang dalam tahap pembangunan gedung," jelas Hj Muji Rahayu Kundari yang juga masuk kepengurusan kelompok usaha Berkah Songo.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim