Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Begini Upaya Muslimat NU di Malang Tingkatkan Perekonomian

Begini Upaya Muslimat NU di Malang Tingkatkan Perekonomian
Pengurus PAC Muslimat NU Singosari Kabupaten Malang saat melaksanakan agenda Triwulan, Selasa (05/01/2021). (Foto: NOJ/ Moch Miftahur Rizki).
Pengurus PAC Muslimat NU Singosari Kabupaten Malang saat melaksanakan agenda Triwulan, Selasa (05/01/2021). (Foto: NOJ/ Moch Miftahur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Singosari Kabupaten Malang menggelar agenda Triwulan di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Singosari, Selasa (05/01/2021) pagi. Adapun agenda utama dalam kegiatan ini yakni pemaparan dan penyampaian program kerja pasca Konferensi Anak Cabang (Konferancab) beberapa waktu lalu.

 

Agenda Triwulan ini adalah agenda pertemuan Muslimat yang diadakan tiga bulan sekali di Kecamatan Singosari. Perlu diketahui bahwa PAC Muslimat NU Singosari mempunyai 51 ranting tersebar di 17 Desa yang ada di Kecamatan Singosari.

 

Dalam agenda Triwulan kali ini dihadiri Ketua dan Sekretaris dari masing–masing ranting. Triwulan kali ini membahas program–program Muslimat baik yang terencana maupun insidentil.

 

“Seperti contohnya program insidentil yakni distribusi bantuan dari PC ke anggota PAC secara keseluruhan yakni garam. Garam ini serentak se-Kabupaten Malang untuk dijual ke masyarakat. Jadi bukan khusus untuk muslimat saja, tapi semua masyarakat pada umumnya," kata Nyai Hj Nur Cholisoh, Ketua PAC Muslimat NU Singosari.

 

Nyai Cholis menjelaskan, program PAC Muslimat NU Singosari diantaranya adalah BISA yang merupakan singkatan dari Bersih, Indah, Sehat, dan Aman. “Itu menandakan bahwa Muslimat ini salah satu kader yang peduli akan lingkungan sekitar. Kebersihan itu sebagian daripada iman. Itu yang membuat kami untuk merancang program ini," jelasnya.

 

Selain program BISA, PAC Muslimat NU Singosari juga mengadakan program penanaman tanaman produksi ringan di lingkungan rumah masing–masing kader. “Tujuannya yakni nanti bisa dijual kepada melijo atau toko–toko yang menampung. Hal ini dapat membuat perekonomian kader meningkat dan semakin produktif. Serta kami mengadakan program mengolah sampah agar sampah nisa dimanfaatkan secara produktif," ungkap Nyai Cholis.

 

Menurutnya, agenda Twiwulan kali ini sangat terpaksa diadakan di tengah Pandemi Covid-19. Namun, dalam Triwulan kali ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker serta menjaga jarak. “Kegiatan ini kami lakukan untuk memaparkan program kerja yang kami canangkan," terang Nyai Cholis.

 

Ia berharap, semua pengurus PAC semakin kompak serta kolaboratif. “Kita niatkan ikhlas untuk memperjuangkan Islam melalui Muslimat NU. Tanpa adanya kekompakan itu program–program yang kami canangkan tidak akan berjalan dengan lancer,” harapnya.

 

Nyai Cholis juga menyampaikan, PAC Muslimat NU Singosari akan berupaya memperhatikan peningkatan ekonomi anggota.

 

 

“Nah, di samping itu kita harus meningkatkan perekonomian. Perekonomian termasuk dari garam itu tadi. Muslimat juga sudah punya air minum dalam kemasan sendiri. Kedepannya di kami juga ada distribusi gula dan beras sebagai bukti bahwa perekonomian Muslimat yang besar. Mudah–mudahan program yang kami adakan bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya," pungkasnya.

 

Penulis: Moch Miftachur Rizki

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah