Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Berbagai Banom NU di Sidoarjo Bersinergi Galang Dana Bencana Alam

Berbagai Banom NU di Sidoarjo Bersinergi Galang Dana Bencana Alam
Para relawan posko NU Krembung Peduli. (Foto: NOJ/Sutrisno)
Para relawan posko NU Krembung Peduli. (Foto: NOJ/Sutrisno)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Aksi penggalangan dana untuk korban bencana yang diinisiatori oleh NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Krembung, Sidoarjo ini rupanya tidak sia sia. Dengan strategi kolaborasi, aksi sosial turun ke lapangan secara langsung dengan mendirikan posko di depan pasar Krembung Sidoarjo ini terus berjalan. Kegiatan ini didukung dengan piket bergilir yang digawangi oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) meskipun hampir setiap sore diguyur hujan.  

 

Ungkapan Arab yang terkenal di kalangan pesantren yaitu 'Man Jadda wa Jada' yang artinya 'Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil' dan 'where there is a will there is a way' yang artinya 'dimana ada kemauan, pasti di situ ada jalan' menjadi prinsip para relawan. Mereka membangun sinergi yang baik untuk aksi soal terhadap sesama. Terbukti baru berjalan sepuluh hari, aksi donasi yang dilakukan pada sore hari hingga menjelang Maghrib tersebut telah mengumpulkan dana belasan juta rupiah.  

 

Ketua NU Care-LAZISNU MWCNU Krembung, Achmad Wahyudi mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini adalah aksi kolaborasi untuk membantu masyarakat.


"Momentum ini merupakan strategi dan langkah riil yang bisa dilakukan bagi semua Banom NU di seluruh tingkatan, dalam menjalankan misi sosial meringankan beban sesama. Karena sesungguhnya organisasi apapun akan dinilai dari manfaatnya bagi umat," katanya, Rabu (17/02/2021).

 

Wahyudi juga menyampaikan bahwa penggalangan dana dari NU Krembung Peduli tidak hanya menerima donasi di posko saja.


"Selain perolehan dari posko, kami juga mendapat donasi dari Masjid setiap hari Jum'at, Madrasah Diniyyah (Madin), TPQ, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Iatan Guru TK/RA Muslimat (IGTKRAM), Madrasah dan sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif, serta lembaga lainnya," pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim