Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Berdayakan Potensi Kader, Satkorwil Banser Jawa Timur Gelar Suspelat 1

Berdayakan Potensi Kader, Satkorwil Banser Jawa Timur Gelar Suspelat 1
Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto KH Abdul Adhim Alwi di acara pembukaan Suspelat I Saktorwil Banser Jatim di Mojokerto. (Foto: NOJ/INH)
Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto KH Abdul Adhim Alwi di acara pembukaan Suspelat I Saktorwil Banser Jatim di Mojokerto. (Foto: NOJ/INH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Satuan Koordinator Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Timur menggelar kursus pelatih (Suspelat) I di Gedung Wisma PCNU Kabupaten Mojokerto, Jumat-Ahad (12-14/03/2021). Suspelat digelar untuk memberdayakan potensi kader di bidang keins keinstrukturan atau pelatih, juga untuk menangkal paham radikal-ekstrem di tengah masyarakat.

 

Acara dibuka pada Jumat lalu. Hadir di pembukaan dari Satkorwil Banser Jatim, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Mojokerto Ali Mohammad Nasih dan Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser daerah setempat, Budi. Hadir sebagai undangan, di antaranya, Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto KH Abdul Adhim Alwi, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra, dan lainnya.

 

Suspelat diikuti perwakilan anggota Banser dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Ketua Ansor Kabupaten Mojokerto Ali Mohammad Nasih atau Gus Ali mengatakan, para peserta dilatih tentang kepemimpinan sekaligus ke Ansoran dan ke-Banseran. Kegiatan itu harus segera dilaksanakan karena Banser Pelatih yang kompeten dibutuhkan

 

"Maka dari itu, kebutuhan pelatih-pelatih yang berkualitas tak bisa dihindari,” kata Gus Ali.

 

Selain untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, Suspelat I juga merupakan amanat organisasi. Karena di tengah kondisi pandemi Covid-19, maka pelaksanaan Suspelat menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

"Dari screening calon peserta hingga persyaratan wajib menyerahkan surat keterangan dari dokter bahwa calon peserta itu benar-benar bebas dari Covid," ujar Gus Ali.

 

Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto KH Abd Adhim Alwi menyampaikan rasa bangganya atas kepercayaan dari Satkorwil Banser Jatim yang telah menempatkan Suspelat di Mojokerto. Menurutnya, Suspelat teramat penting untuk penguatan ahlus sunnah wal jamaah.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra atau Gus Barra mengatakan bahwa Banser memiliki sumbangsih yang sangat luar biasa bagi negara. Banyak negara hancur, karena tidak memiliki nasionalisme. Adanya Banser dengan semangat nasionalismenya akan menjadi benteng utama pengawal negeri ini. Karena itu dia mengaku bangga dengan Banser.

 

"Dengan adanya Suspelat ini, saya berharap agar Banser tetap terus Istiqomah mengawal negeri ini. Sebab negeri ini masih banyak persoalan termasuk persoalan radikalisme. Dan Banser-lah, yang terus menebarkan nasionalisme," tandas Gus Barra.

 

Editor: Nur Faishal

Iklan promosi NU Online Jatim