Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Beredar Dokumen UAS Bakal Nikahi Gadis 19 Tahun Asal Jombang

Beredar Dokumen UAS Bakal Nikahi Gadis 19 Tahun Asal Jombang
Ustadz Abdul Somad bersama KH Marzuki Mustamar saat silaturahim ke PWNU Jatim beberapa waktu lalu. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Ustadz Abdul Somad bersama KH Marzuki Mustamar saat silaturahim ke PWNU Jatim beberapa waktu lalu. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)

Jombang, NU Online Jatim

Beberapa hari terakhir ini beredar dokumen persetujuan nikah antara Ustadz Abdul Somad (UAS) seorang gadis berusia 19 tahun asal Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Dalam dokumen itu tertera pas foto UAS dengan calon pengantin perempuan.

 

Dilansir dari KabarJombang.com, dokumen tersebut merupakan formulir persetujuan calon pengantin model N4. Dokumen yang sudah beredar luas tersebut tertanggal, Senin (01/03/2021).

 

Dalam formulir tersebut tertera calon pengantin pria bernama Abdul Somad Batubara dengan kelahiran Silolama 18-05-1977. Sedangkan calon pengantin perempuan bernama Fatimah Azzahra Salim Barabud kelahiran Jombang 01-10-2001.

 

Sementara kabar rencana pernikahan UAS tersebut disambut positif pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Peterongan. "PAC GP Ansor turut berbahagia karena ada salah satu putri dari Peterongan akan menikah dengan salah satu ulama Ahlussunnah wal Jama'ah," kata Ketua PAC GP Ansor Peterongan, Firzam Balyaman, Jumat (23/04/2021) dikutip jombang.nu.or.id.

 

Meski demikian, ia menyayangkan beredarnya data pribadi UAS dengan calon pengantin perempuan. Sebab, hal itu dikhawatirkan mengganggu privasi UAS maupun calon istrinya. "Saya menyayangkan, kok bisa adanya data pribadi yang tersebar luas sehingga akan mungkin mengganggu privasi kedua belah pihak," ujarnya.

 

Meski begitu, Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Kota Santri ini menyatakan kesiapannya untuk mengawal rangkaian acara pernikahan UAS apabila dibutuhkan untuk pengamanan.

 

"Ansor Banser Peterongan akan siap mengawal jika dibutuhkan, mengingat Banser juga pernah mengawal saat beliau berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Peterongan," pungkasnya.

 

Sekedar diketahui, UAS sendiri pernah menikah dengan Mellya Juniarti. Namun pernikahan dengan istrinya tersebut harus berakhir di tahun 2019.

F1 Promosi Iklan