• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Keislaman

Berharap Tidak Terjangkit Covid-19? Coba Doa Ini

Berharap Tidak Terjangkit Covid-19? Coba Doa Ini
Muslim dianjurkan berdoa, termasuk berlindung dari virus Corona. (Foto: NOJ/Cdg)
Muslim dianjurkan berdoa, termasuk berlindung dari virus Corona. (Foto: NOJ/Cdg)

Dalam suasana libur panjang seperti sekarang, banyak warga yang justru memanfaatkannya dengan pelesir. Padahal tinggal di rumah justru lebih baik karena mengurangi menyebarnya virus.

 

Dan menghadapi pandemi Covid-19 atau virus Corona yang di Indonesia berlangsung sejak lebih dari 8 bulan lalu, dan telah merenggut banyak nyawa, sesungguhnya tidak cukup hanya mengandalkan ikhtiar lahir dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

 

Sebagai orang Islam, juga harus menghadapinya dengan ikhtiar batiniah yang disebut doa.  Karena doa adalah senjata bagi orang mukmin. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA sebagai berikut:

 

  الدعاء سلاح المؤمن، وعماد الدين، ونور السماوات والأرض  

 

Artinya: Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR Abu Ya’la). 

 

Terkait dengan doa-doa yang sebaiknya kita panjatkan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang terbukti sangat berbahaya itu, Pengasuh Pondok Pesantren Dar al-Tauhid Cirebon KH Husein Muhammad memberikan amal-amalan doa yang diunggah di akun Facebook pada hari Rabu (18/11/2020) sebagai berikut: 

 

 بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ   

 

Bismillahil ladzi la yadhurru ma’as mihi yai’un fil ardhi wala fis sama’i wahuwas sami’ul ‘alim. 

 

Artinya: Aku berlindung diri dengan Nama Allah SWT yang dengan-Nya tidak ada suatu apa pun dapat menimbulkan bahaya baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Ia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

Artikel diambil dariDoa agar Terhindar dari Covid-19

 

Setelah itu membaca doa berikut:

 

  إِلَهِي أَذْهِبِ البَأْسَ رَبَّ النَّاس . اِشْفِ ... أَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَآء إلَّا شِفَاءُكَ شِفَآءً لَا يُغَادِرُ سَقَماً. إِلهي أَذْهِبِ الْبِأسَ وَاشْفِ.... يا رَبَّ الناَّسِ بِيَدِكَ الشِّفَأء لاَ كَاشِفَ إِلَّا أَنْتَ يَا رَبَّ العَالَمِين. اللَّهُمَّ إِنيِّ أَسْأَلُكَ مِنْ عَظِيمِ لُطْفِكَ وَكَرَمِكَ أَنْ تَشْفِيَهُ وَتَمدَّهُ باِلصِّحَّة وَالعَافِيَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

 

Ilahi adzhibil ba’sa rabban nasa isyfi... antas Syafi la siyaan illa syifauka syifaan la yughadiru saqaman. Ilahi adzhibil bi’sa wasyfi... ya rabban nasi biyadikas syafa’u la kasyifa illa anta ya rabbal alamin. Allahumma inni asaluka min ‘azimi luthfika wa karamika an tasyfiyahu wa tamaddahu bis sihhati wal ‘afiyati innaka ‘ala kulli syai’in qadir. 

 

Artinya: Ya Allah, Tuhanku, hilangkan penderitaan/rasa sakit ini. Wahai Tuhan manusia, sembuhkanlah ... (sebut nama yang didoakan). Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tak ada yang bisa menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang sempurna, kesembuhan yang tidak menyisakan penderitaan. Wahai Tuhanku, hilangkan derita/rasa sakit ini. Sembuhkanlah ... (sebut nama yg didoakan). Wahai Tuhan semua manusia, di Tangan-Mu-lah kesembuhan itu. Tak ada yang bisa membebaskan kecuali Engkau. Wahai Tuhan Penguasa Alam Semesta. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari keagungan kelembutan-Mu, dan Kemurahan-Mu. Sembuhkanlah dia. Tolonglah dia menjadi sehat dan selamat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala.
 

Semoga dengan ikhtiar lahir dan batin, maka kita dijauhkan dari Covid-19. Dan bagi mereka yang sedang menjalani perawatan akibat virus bisa segera diberikan kesembuhan.​​


Editor:

Keislaman Terbaru