Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Beri Solusi di Tengah Pandemi, di Tulungagung Ada Rumah Kemaslahatan Keluarga

Beri Solusi di Tengah Pandemi, di Tulungagung Ada Rumah Kemaslahatan Keluarga
Peresmian Rumah Kemaslahatan Keluarga di Tulungagung. (Foto: NOJ/Puspita H)
Peresmian Rumah Kemaslahatan Keluarga di Tulungagung. (Foto: NOJ/Puspita H)

 Tulungagung, NU Online Jatim

Sejumlah kiprah ditorehkan Nahdlatul Ulama khususnya saat pandemi Corona. Prinsipnya terus memberikan pendampingan dan bantuan kepada warga saat virus tidak lagi kunjung bisa diatasi. 

 

Sumbangsih tidak kalah penting dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Kabupaten Tulungagung. Yang dilakukan adalah  tetap menjalankan program di tengah pandemi Covid-19 demi kebaikan keluarga Nahdliyin atau warga NU.

 

Salah satu program yang telah dilaksanakan yaitu mendirikan Rumah Kemaslahatan Keluarga yang diresmikan pada Ahad (2/8) lalu. Rumah tersebut berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Boyolangu.

 

Rumah kemaslahatan keluarga ini merupakan salah satu dari sekian banyak program yang telah terlaksana di tengah pandemi. Keberadaannya memberikan kepastian bahwa anggota keluarga dapat melewati pandemi dengan tidak khawatir.

 

“Yang kami lakukan adalah dengan membagikan sembako untuk warga terdampak Covid-19, membagikan alat tulis kepada siswa saat tahun ajaran baru, dan hewan kurban di daerah pelosok," kata Mohamad Siswandi, Rabu (5/8).


Ketua PC LKKNU Tulungagung ini menyampaikan akan segera mengajak kerja sama berbagai pihak termasuk badan otonom. Dari mulai Muslimat NU, Fatayat NU, Ansor, IPNU, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan lembaga maupun badan otonom lain.

 

Dirinya juga menyampaikan bahwa PC LKKNU Kabupaten Tulungagung memiliki program kerja yaitu webinar problem dan solusi belajar daring di era pandemi yang akan melibatkan bupati, akademisi, praktisi pendidikan nasional, dan Pengurus Pusat LKKNU.

 

"Webinar yang akan diselenggarakan adalah bukti bahwa kami siap bekerja sama dengan semua pihak untuk melaksanakan program yang bisa dijadikan solusi permasalahan sosial saat ini," terangnya.

 

Gus Ivan Rovian sebagai Ketua Pengurus Wilayah (PW) LKKNU Jawa Timur memberikan apresiasi atas berdirinya rumah kemaslahatan ini. bahkan bila dikelola dengan seris dan berdampak baik, bukan tidak mungkin program ini akan juga dilakukan di tempat lain.

 

"Rumah kemaslahatan keluarga di Kabupaten Tulungagung nantinya bisa dijadikan laboratorium sosial dalam kajian dan penelitian bekerja sama dengan pemerintah dan perguruan tinggi," katanya.

 

Mauludin Qoironi  selaku Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Tulungagung juga memberikan apresiasi. bahwa ikhtiar yang dilakukan ini sagat tepat dan memberikan jawaban nyata atas kondisi yang ada. 

 

"Berdirinya rumah kemaslahatan keluarga ini pasti akan memberikan dampak yang luar biasa kepada masyarakat. Maka dari itu, programnya harus mampu menyelesaikan problem sosial," katanya.

Iklan promosi NU Online Jatim