• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Matraman

Berikan Layanan di Madrasah, BMTNU Jombang Jalin Kerjasama dengan MIN

Berikan Layanan di Madrasah, BMTNU Jombang Jalin Kerjasama dengan MIN
Proses penandatanganan MoU antara BMTNU Jombang dengan MIN 1 Jombang. (Foto : NOJ/ Syamsul A).
Proses penandatanganan MoU antara BMTNU Jombang dengan MIN 1 Jombang. (Foto : NOJ/ Syamsul A).

Jombang, NU Online Jatim

Perjalanan Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus memantik perhatian banyak pihak. Tidak hanya dari individu elemen masyarakat, tetapi juga datang dari komunitas masyarakat yang mengelola sebuah lembaga-lembaga tertentu.

 

Mereka semua ingin merasakan layanan dan produk yang ada di BMTNU. Salah satunya seperti Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Jombang yang secara resmi memilih BMTNU Jombang sebagai mitra kerja sama dalam mengembangkan pengelolaan keuangannya. Kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman MoU antara kedua belah pihak itu dilaksanakan pada Jumat (4/8) di madrasah setempat.
 

"Alhamdulillah BMTNU melakukan MoU dengan MIN 1 Jombang, sekolahan memiliki kualitas unggul dengan jumlah siswa sekitar 1.300 anak. Ini kehormatan bagi kami BMTNU sudah bisa bekerja sama dengan madrasah ini," kata Ketua BMTNU Jombang Pusat, H Khoirul Anam.

 

Ia menyampaikan, pola kerja sama yang dibangun prinsipnya saling memberikan keuntungan dalam pengelolaan keuangan. MIN 1 Jombang nantinya akan menyimpan uang lembaganya di BMTNU untuk kemudian dikelola. Sementara BMTNU akan memberikan pelayanan terbaiknya melalui produk-produk yang ada di BMTNU.


"Layanan kami yang ada di lembaga berupa baitul mal atau mengumpulkan dana yang ada di lembaga itu, kemudian kita lanjutkan dengan wat tamwil-nya yang berupa pembiayaan, permodalan, dan sebagainya," ujarnya.

 

Dalam pembiayaan secara spesifik ia menyebut, MIN 1 Jombang ke depan bisa mengajukan pembiayaan untuk pengembangan gedung atau infrastruktur-infrastruktur yang lainnya.

 

Pria yang kerap disapa Pak Anam ini memastikan, BMTNU akan melayani dengan sebaik mungkin. Di samping itu, pengelola MIN 1 Jombang, baik guru atau staf nantinya bisa mengajukan pinjaman dana ke BMTNU untuk kebutuhan-kebutuhan di luar kelembagaan sekolah. Seperti pinjaman untuk pengembangan usaha-usaha produktif yang dimiliki oleh guru dan staf dengan bagi hasil yang bisa dikompromikan hingga di angka terkecil.

 

"Pastinya kami akan melayani pembiayaan kepada guru, staf, dan yang berkaitan dengan kelembagaan, dalam hal ini MIN 1 Jombang," terangnya.


Selain itu, lanjut dia, produk lain yang juga bisa dimanfaatkan oleh pengelola MIN 1 Jombang seperti produk sertifikasi guru dan pembiayaan talangan haji dan murah. "Ini akan kami siapkan dan kami jalankan demi kelancaran dan efektivitas kerja sama kami dengan MIN 1 Jombang," tuturnya.


Ia berharap, kerja sama ini bisa memberikan stimulus tersendiri bagi sekolah dan madrasah lainnya. BMTNU menurutnya sangat terbuka bagi lembaga pendidikan yang hendak menjalin kerja sama. "Semoga ini menjadi contoh untuk sekolahan-sekolahan yang lain bisa bergabung dengan BMTNU ke depan," pungkasnya.

 

Editor: Romza
 


Editor:

Matraman Terbaru