Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Berikut Doa yang Dibaca saat Turun Hujan

Berikut Doa yang Dibaca saat Turun Hujan
Doa saat turun hujan agar tidak menjadi musibah. (Foto: NOJ/SDn)
Doa saat turun hujan agar tidak menjadi musibah. (Foto: NOJ/SDn)

Menurut perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG bahwa sejak Desember hingga tiga bulan mendatang curah hujan akan turun. Hal tersebut dibuktikan dengan mendung yang terus melingkupi dan disusul turunnya air dari langit.

 

Sebagai insan beragama, kejadian alam seperti itu hendaknya tidak hanya disikapi sebagai sunnatullah. Bahwa hujan merupakan kurnia, dan diharapkan tidak menjadi musibah seperti menimbulkan banjir, tanah longsor, dan sejenisnya.

 

Ketika air hujan tercurah ke bumi, umat Islam dianjurkan untuk berdoa. Berikut ini doanya:

 

. اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

 

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

 

Artinya: Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat. (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

 

Turunnya hujan mesti disyukuri sebagai bagian dari nikmat Allah SWT. Hanya saja kita harus memohon kepada-Nya agar hujan itu menambah berkah bagi sawah dan ladang petani, membawa hanyut debu jalanan di kota-kota dan di desa, dan membawa rezeki dengan segala bentuknya bagi semesta penduduk bumi.

Iklan promosi NU Online Jatim