Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Berikut Nakhoda Baru IPNU IPPNU Universitas Negeri Malang

Berikut Nakhoda Baru IPNU IPPNU Universitas Negeri Malang
Ahmad Iqbal Affandi dan Alfi Khoirul Wahida ketua terpilih IPNU IPPNU UM. (Foto: NOJ/ Indra Nurdien Hakim)
Ahmad Iqbal Affandi dan Alfi Khoirul Wahida ketua terpilih IPNU IPPNU UM. (Foto: NOJ/ Indra Nurdien Hakim)

Malang, NU Online Jatim

Ahmad Iqbal Affandi dan Alfi Khoirul Wahida resmi terpilih menjadi ketua Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Khittah Wa Khidmah Universitas Negeri Malang (UM) masa khidmat 2021-2022. Keduanya terpilih melalui Rapat Anggota (Rapta) dan Konferensi Komisariat (Konferkom) 5 IPNU IPPNU UM. Kegiatan ini bertempat di Yayasan Pendidikan dan Sosial 'Nurul Jadid', Wagir, Kabupaten Malang, Ahad (21/02/2021). Saat pemilihan pemimpin baru, Rapat Anggota dan Konferensi satu tahunan ini berlangsung demokratis.

 

Rapat Anggota dan Konferensi diisi dengan sidang tata tertib, komisi organisasi, komisi program kerja dan komisi rekomendasi. Pada malam hari, dalam sidang pleno dilaksanakan pemilihan yang dipimpin oleh utusan Pimpinan Cabang (PC) IPNU IPPNU Kota Malang.

 

Ketua IPNU dan IPPNU UM dipilih melalui pemungutan suara. Pemilik hak suara berjumlah 28 suara IPNU dan 30 suara IPPNU representasi dari peserta penuh.

 

Prosesi pemungutan suara dimulai dengan penjaringan bakal calon dan calon.

 

"Sesuai dengan peraturan dalam Peraturan Rumah Tangga (PRT), bakal calon yang sah menjadi calon sekurang-kurangnya didukung 3 suara. Maka dengan ini nama yang menjadi calon ketua adalah Muhammad Bahrom, Robith Ali Afandi dan Ahmad Iqbal Affandi," kata Eric Maulana Rizki, Pimpinan Sidang Pleno Konferensi saat membacakan hasil penjaringan.

 

Dalam proses pemilihan perolehan suara terbanyak diperoleh oleh Ahmad Iqbal Affandi dengan 14 suara, Muhammad Bahrom 7 suara, dan Robith Ali Afandi 7 suara.

 

 "Dengan selesainya proses pemilihan ketua, maka saya sebagai pimpinan sidang menetapkan Ahmad Iqbal Affandi sebagai Ketua IPNU UM masa khidmah 2021-2022," ujar Eric.

 

Sedangkan IPPNU, ada dua calon kandidat yang memenuhi persyaratan. Kemudian pemilihan suara terbanyak didapatkan oleh Alfi Khoirul Wahida dengan 21 suara dari 30 suara.

 

"Dari hasil pemilihan ini maka saya pimpinan sidang menetapkan Alfi Khoirul Wahida sebagai Ketua IPPNU UM masa khidmah 2021-2022," ungkap Rosa, pimpinan sidang pleno.

 

Keduanya menyatakan kesediaan. Ketua IPNU terpilih Ahmad Iqbal Affandi menyampaikan terima kasih banyak kepada rekan-rekan yang mempercayakan amanah ini. 

 

"Semoga kader-kader IPNU tetap semangat mengabdi dan berjuang di PKPT UM, khusunya Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah di lingkungan UM dan sekitarnya," pungkasnya.

 

Sementara itu, dalam sambutannya Ustadz Bahrul Umum selaku Pengasuh Yayasan menyampaikan terima kasih banyak atas PKPT IPNU IPPNU UM yang telah melaksanakan kegiatan di yayasan ini. Semoga kedepannya IPNU IPPNU semakin giat dan rajin.

 

"Manfaat mengikuti kegiatan PKPT kedepannya akan dirasakan kelak ketika berada di masyarakat," imbuhnya.

 

Senada dengan hal itu, Eric Maulana Rizki selaku perwakilan dari PC IPNU IPPNU Kota Malang sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini.

 

"Harapannya kepengurusan periode berikutnya tetap berfokus pada grand design PC dalam pengembangan PKPT karena kita tahu bahwa PKPT di Malang raya ini menjadi barometernya PKPT se- Nusantara," tandasnya.

 

Penulis: Indra Nurdien Hakim

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim